Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ikan Neon Tetra Green

Cara Merawat Ikan Green Neon Tetra - Jika Anda mencari ikan kecil yang dapat menambahkan percikan kilau logam ke akuarium komunitas Anda, Green Neon Tetra mungkin merupakan spesies yang patut dipertimbangkan. Sebagian besar penghobi akrab dengan Neon tetra dan Cardinal tetra, tetapi Green Neon Tetra sering terabaikan. Namun permata air kecil ini sama cantiknya dengan sepupu mereka dan mereka bisa menjadi alternatif yang murah serta mudah didapat.

Cara Merawat Ikan Neon Tetra Green

Dalam panduan ini, kami menunjukkan cara merawat Green Neon Tetra, termasuk cara membiakkan spesimen Anda sendiri di akuarium pembiakan rumahan.


Tentang Green Neon Tetra

Green Neon Tetra juga dikenal dengan nama ilmiahnya, Paracheirodon simulans, dan nama umumnya, False Neon tetra. Ikan kecil yang cantik ini berasal dari Amerika Selatan, khususnya drainase Rio Negro menengah ke atas di Brasil, di hulu mulut Rio Branco, serta di sistem Rio Orinoco di wilayah perbatasan Kolombia dan Brasil di antara mulut dari Río Meta dan San Fernando de Atabapo.

Green Neon Tetra hidup di lingkungan blackwater di mana air mengalir lambat di atas substrat berpasir. Vegetasi yang lebat menutupi air, dan habitatnya dipenuhi dengan cabang-cabang yang tumbang, serasah daun, dan akar pohon. Air di sini bersifat asam dan umumnya berwarna coklat karena kandungan bahan organik yang membusuk.


Bentuk Dan Tampilan

Paracheirodon simulans, seperti neon lainnya, paling terkenal karena warna metalik yang cemerlang. Warna dasar Green Neon adalah perak keabu-abuan, dihiasi dengan garis biru kehijauan cantik yang membentang menyamping di kedua sisi tubuh ikan. Warna merah dan hijau menyoroti kepala, daerah perut, dan sirip ekor. Tubuh ikan itu ramping dan berbentuk torpedo, mirip seperti Neon Tetra.

Terkadang Anda dapat menemukan Green Neon dipasarkan sebagai varian baru dengan sisik emas yang tersebar. Namun warna tersebut sebenarnya disebabkan oleh parasit dan ini bukanlah warna alami ikan yang normal. Tentu saja Anda tidak ingin menambahkan salah satu ikan tersebut ke dalam koleksi Anda karena itu mungkin membawa penyakit yang dapat menyerang seluruh ikan koleksi Anda.

Intensitas warna Green Neon sangat dipengaruhi oleh kondisi pencahayaan sekitar di lingkungannya serta kedekatannya dengan spesiesnya sendiri. Jadi sekelompok Green Neon Tetra lebih cenderung tampak hidup dan berwarna cerah daripada seekor ikan yang kesepian.


Menentukan jenis kelamin Green Neon Tetra

Jika Anda ingin membiakkan spesies ikan apa pun, Anda perlu tahu apakah Anda memiliki campuran yang baik dari kedua jenis kelamin. Secara umum, Neon tetra Paracheirodon simulans menunjukkan warna yang sama, baik jantan maupun betina memiliki penampilan yang sangat mirip.

Namun indikator jenis kelamin yang paling dapat diandalkan pada ikan ini adalah ukuran relatifnya. Ikan jantan sedikit lebih kecil dari betina, dan ikan betina cenderung memiliki penampilan yang lebih bulat, terutama selama musim pemijahan ketika mereka membengkak dengan telur. Green Neon Tetra tumbuh dengan panjang sekitar 3,5 cm.


Merawat Neon Tetra Green

Green Neon Tetra cukup mudah dirawat dan akan berkembang jika diberi kondisi yang tepat.

Ukuran akuarium

Hal pertama yang harus dipahami tentang tempat hidup Green Neon adalah bahwa mereka tidak boleh dipelihara dalam akuarium yang kurang dari 20 galon (75 L). Hanya karena ikannya kecil, bukan berarti mereka akan bahagia di akuarium kecil.

Alasannya adalah karena ini adalah ikan shoaling, jadi Anda harus memelihara setidaknya enam ekor. Sebagai pedoman umum, Anda membutuhkan satu galon air (3,7 L) untuk setiap inci ikan, jadi semakin banyak ikan yang Anda miliki, semakin besar akuarium yang Anda butuhkan.


Parameter air

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga konsistensi parameter air dalam akuarium yang berisi Green Neon Tetra. Meskipun spesies ini cukup kuat, mereka akan mengalami masalah kesehatan jika mengalami terlalu banyak pergeseran kondisi air. Paracheirodon simulans merupakan ikan air tawar tropis yang membutuhkan suhu air antara 24 hingga 29 °Celsius. Tingkat pH harus antara 5 dan 6,5, dan kesadahan air idealnya sangat lunak.

Untuk menjaga kualitas air, Anda perlu melakukan penggantian air sebagian sebesar 25% setiap minggu. Selain itu, pastikan untuk menguji parameter air secara teratur dengan kit pengujian strip. Seperti disebutkan di atas, aliran air di lingkungan alami Green neon lambat hingga sedang. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan pompa filter Anda agar ikan tidak terbawa arus deras yang dapat membuat ikan stres. Jika perlu, Anda bisa menggunakan tanaman atau dekorasi untuk menyangga aliran.


Dekorasi akuarium

Saat menyiapkan akuarium, Anda harus mencoba meniru habitat alami spesies yang ingin Anda pelihara. Dalam kasus Green Neon Tetra, itu berarti termasuk substrat berpasir, banyak tanaman subur, dan banyak ornamen seperti kayu apung dan bebatuan.

Ikan bisa merasa rentan, terutama jika Anda memiliki spesies yang lebih besar di dalam akuarium, dan mereka menyukai banyak tempat untuk berlindung. Seperti halnya ikan tetra lainnya, semakin banyak teman sejenisnya, semakin kecil kemungkinan mereka untuk menyerah pada penyakit terkait stres.


Makanan dan diet

Green Neon Tetra adalah omnivora. Di Amerika Selatan, di lingkungan alami ikan, Paracheirodon simulans memakan krustasea kecil, serangga, zooplankton, dan bahan organik. Untuk menjaga ikan Anda bahagia dan sehat, Anda perlu mencoba meniru pola makan itu sedekat mungkin di lingkungan akuarium.

Green Neon akan dengan senang hati memakan serpihan atau makanan kering beku, asalkan Anda menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel kecil yang bisa dimakan ikan. Untuk memperkaya dan memvariasikan makanan tetra, kami menyarankan Anda memberi makan daphnia hidup dan beku, larva nyamuk, dan bloodworm. Makanan itu kaya protein dan juga membantu menambah variasi dan minat pada pola makan ikan Anda.

Green Neon Tetra adalah spesies yang cukup rakus, jadi Anda harus berhati-hati untuk tidak memberi mereka makan berlebihan. Beri makan ikan Anda dua kali sehari, berikan mereka makanan secukupnya sehingga mereka memakannya dalam beberapa menit.


Teman seakuarium

Green Neon Tetra adalah ikan kawanan yang damai yang dengan senang hati hidup dengan sesamanya, mendiami bagian tengah kolom air dan keluar masuk tanaman dan ornamen di akuarium.

Jika Anda ingin memelihara akuarium komunitas campuran, Green Neon adalah pilihan yang sempurna. Untuk menghindari stres ikan Anda, pilih spesies damai lainnya yang tidak terlalu besar. Idealnya spesies ikan yang terutama menghuni bagian bawah atau atas akuarium adalah pilihan terbaik, karena itu berarti bahwa daerah perairan yang disukai tetra tidak akan menjadi terlalu penuh.

Tentu saja, Anda dapat memilih pengaturan khusus spesies. Ikan aktif dan cantik ini dapat dengan mudah menjadi bintang pertunjukan di akuarium mana pun jika diberi latar belakang yang tampak alami. Sekumpulan besar Green Neon yang berkilauan tidak hanya terlihat memukau, tetapi Anda juga akan memiliki perpaduan yang baik antara ikan jantan dan betina, yang sempurna jika Anda berharap untuk membiakkan ikan Anda.

Sebagai alternatif, Anda mungkin ingin memiliki akuarium tetra, diisi oleh Neon Tetra, Green Neon Tetra, dan juga Cardinal Tetra. Ikan ini kemungkinan besar akan berkelompok, menciptakan tampilan warna kembang api yang berkilauan.


Mengawinkan Neon Tetra Green

Meskipun Anda dapat membiakkan Paracheirodon simulan di lingkungan akuarium, Anda harus bersabar dan memastikan bahwa kondisi akuariumnya benar-benar tepat agar berhasil. Kami merekomendasikan untuk memasang akuarium pembiakan, karena telur Green Neon Tetra hampir pasti akan dimakan oleh ikan dan invertebrata lain di dalam akuarium sebelum mereka sempat menetas.

Seringkali, sedikit meningkatkan suhu air dan menurunkan tingkat pH dapat mereplikasi kondisi air yang akan dialami ikan selama musim pemijahan alami mereka di alam liar. Mengurangi setengah tingkat cahaya di dalam akuarium dapat membantu memicu perilaku pemijahan juga.

Tetra adalah penyebar telur. Ikan betina dan jantan berenang berdekatan satu sama lain, sering melakukan kontak sampai betina akhirnya menebarkan telur di berbagai bagian akuarium. Jantan akan mengikuti betina dari dekat, menunggu pembuahan telur segera setelah mereka diletakkan.

Setelah telur dibuahi, Anda harus mengeluarkan induknya dari akuarium. Paracheirodon simulans tidak ambil bagian lebih jauh dalam membesarkan anak-anaknya, dan jika dibiarkan di dalam akuarium, mereka mungkin akan memakan telur dan burayak yang menetas.

Burayak menetas setelah sekitar satu minggu, tetap melekat pada kantung telur sampai mereka mengeluarkan semua nutrisi yang tersedia dari telur. Saat burayak sudah berenang bebas, Anda harus memberinya makan.

Yang terbaik adalah mulai memberi makan burayak kecil dengan infusoria selama minggu pertama atau lebih sampai mereka cukup besar untuk mengatasi makanan burayak yang dibuat secara komersial atau artemia yang dapat Anda beli dari toko ikan. Anda bisa “membiakkan” infusoria dengan meletakkan daun selada di dalam akuarium. Dalam beberapa jam, infusoria akan muncul dan masuk ke dalam air dimana burayak dapat memakannya. Gantilah daunnya dengan yang segar setelah seminggu.


Penyakit Neon Tetra Green

Green Neon Tetra rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan stres, terutama Ich dan parasit akuarium umum lainnya. Cara terbaik untuk menjaga ikan Anda terlindungi dari serangan parasit adalah dengan menjaga parameter air tetap konsisten dan tepat untuk spesiesnya, melakukan penggantian air parsial mingguan, dan dengan memberi makan ikan Anda makanan berkualitas tinggi.

Setiap kali Anda membeli ikan baru, Anda harus selalu menempatkannya di akuarium karantina setidaknya selama dua minggu sebelum menambahkannya ke komunitas Anda yang ada. Selama waktu itu, perhatikan baik-baik ikan untuk memeriksa apakah mereka menunjukkan tanda-tanda penyakit atau gagal berkembang biak. Jika sesuatu yang tidak diinginkan muncul, Anda akan memiliki kesempatan untuk merawat ikan baru dan mengembalikan mereka ke kesehatan penuh sebelum Anda menambahkannya ke akuarium utama Anda.

Prinsip yang sama berlaku untuk tanaman dan dekorasi akuarium baru. Pastikan untuk mencuci tanaman baru secara menyeluruh untuk menyingkirkan siput dan parasit yang tidak diinginkan yang mungkin bersembunyi di antara daun, dan bilas tanaman dengan produk antibakteri akuarium yang bisa Anda temukan di sebagian besar toko ikan yang bagus.


Ich

Ich adalah penyakit yang sangat umum pada ikan air tawar dan laut yang disebabkan oleh parasit, Ichthyophthirius multifiliis. Parasit sering ditemukan di sebagian besar akuarium, meskipun tidak mempengaruhi ikan sampai sistem kekebalannya melemah karena penyakit atau stres. Ich juga biasa disebut Penyakit White Spot, sebagian besar karena bintik putih kecil yang muncul di seluruh kulit, insang, sirip, dan ekor ikan saat siklus hidup parasit berlanjut.

Parasit Ich menyebabkan iritasi pada ikan, menyebabkan tetra mengibaskan atau menggesekkan tubuhnya ke dekorasi akuarium, tanaman, dan substrat. Jika tidak diobati, penyakit ini akan berkembang dan menyebar hingga insang korban menjadi terganggu oleh sejumlah besar parasit. Akhirnya, ikan itu mati lemas.

Untungnya, Ich mudah dirawat dengan menaikkan suhu air di akuarium menjadi 27 °Celsius dan mengolah air dengan obat khusus yang dapat Anda beli di toko ikan atau online. Penting bagi Anda untuk merawat seluruh akuarium sampai Anda yakin telah membunuh parasit yang berenang bebas di dalam air. Setelah parasit dibasmi, periksa parameter air, dan lakukan penggantian air parsial hingga 50 persen.


Ketersediaan

Green Neon Tetra biasanya tersedia di toko ikan atau toko online. Ikan ini tidak mahal untuk dibeli, biasanya harganya kurang dari 5 ribu rupiah per ikan dan sering kali dijual dengan harga diskon jika Anda membeli sekelompok kecil spesimen.

Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Neon Tetra Green"