Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ikan Kaca Kaca Alias Glass Fish


Ikan Kaca
via tokopedia

Anda ingin mengisi akuarium air tawar Anda dengan sesuatu yang sedikit aneh? Ikan kaca (glassfish), juga biasa disebut Indian glassy fish, adalah spesies ikan transparan sempurna yang suka berkumpul bersama dalam kelompoknya yang sangat mencolok dan aktif. Meskipun telah dipercaya secara luas bahwa ikan akuarium ini lebih sulit dirawat karena kebutuhan mereka akan kondisi air payau tertentu, mereka akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan akuarium air tawar juga dan mudah untuk dipelihara seperti kebanyakan ikan tropis lainnya!

Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari semua hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan ikan kaca dan cara memelihara spesies ini di akuarium Anda sendiri!

Apa itu ikan Kaca?

Memiliki nama latin Parambassis rangka ikan ini umumnya dikenal sebagai glass fish, Indian glassy fish, Indian x-ray fish, atau Indian glassy perch; Namun Parambassis ranga adalah bagian dari keluarga Ambassidae, sedangkan tempat perch sejati adalah bagian dari keluarga Percidae. Parambassis ranga sebelumnya dikenal sebagai Chanda ranga.

Ikan yang disebut sebagai ikan berwarna buatan biasanya adalah Parambassis ranga dan juga disebut dan diberi label sebagai ikan disko atau ikan lukis.

Habitat alami ikan Kaca

Ikan kaca memiliki wilayah sebaran asli yang luas dan dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, termasuk Jepang, India, Pakistan, Kamboja, Malaysia, Thailand, Myanmar, Nepal, dan Bangladesh. Ikan-ikan ini lebih suka air yang lambat bergerak dan tenang dan dapat ditemukan dalam kondisi air tawar dan payau, terutama selama musim hujan ketika musim kawin tinggi.

Bila sendirian, ikan ini cenderung lebih pemalu dan suka bersembunyi di vegetasi yang lebat. Dalam kelompok lima ekor atau lebih, Anda akan menemukan mereka aktif berenang di sekitar perairan yang lebih terbuka.

Identifikasi

Ikan ini sekilas terlihat seperti sejenis tetra atau barb tak berwarna dengan sirip tinggi, berbadan lebar, dan berukuran serupa, meski tidak berkerabat. Ikan kaca tumbuh hingga ukuran dewasa sekitar 3 inci (8 cm) dan hampir sepenuhnya transparan; Anda dapat melihat sampai ke tulang dan organ dalam mereka!

Namun spesies ini telah menjadi korban pewarnaan buatan yang dikomersialkan di mana pewarna disuntikkan ke tubuh mereka melalui jarum. Ini sama sekali bukan praktik yang baik atau etis dan ikan biasanya akan segera mati setelahnya. Satu-satunya warna alami dari ranga Parambassis adalah transparan, yang lainnya harus dihindari.

Dimorfisme seksual

Untuk membedakan ikan jantan dengan betina Anda, terutama selama periode kawin. Pejantan biasanya memiliki warna kuning pada tubuh mereka dan mengembangkan tepi biru atau hitam pada sirip punggung dan dubur mereka.

Persyaratan akuarium ikan kaca

Satu ikan kaca membutuhkan ukuran akuarium minimal 15 galon (60 L). Namun mereka adalah spesies kawanan dan harus dipelihara dalam kelompok setidaknya lima ekor agar ikan Anda tidak terlalu banyak bersembunyi di akuarium Anda. Untuk memastikan Anda memiliki cukup ruang untuk lebih dari satu ikan serta spesies lainnya, disarankan untuk membuat akuarium berukuran minimal 114 liter.

Suhu air harus tetap tropis dan stabil antara 20-30 °C dengan pH antara 6,5-8,0. Ikan ini lebih menyukai kesadahan air lunak hingga sedang dengan dGH antara 8 dan 20. Meskipun secara umum diyakini bahwa ikan ini membutuhkan air payau, mereka paling sering ditemukan di daerah air tawar dan menyesuaikan diri dengan baik dengan akuarium komunitas air payau dan air tawar.

Suhu air, pH, dan kesadahan air harus sama untuk akuarium air tawar dan akuarium payau. Substrat gelap akan membuat glass fish Anda semakin cantik! Banyak tanaman harus ditambahkan agar ikan Anda memiliki tempat untuk bersembunyi di akuarium Anda. Batu dan kayu apung juga dapat ditambahkan untuk menciptakan efek yang lebih alami. Aliran air tidak boleh terlalu kuat karena ikan ini berasal dari perairan yang tenang.

Meskipun ikan ini berukuran kecil, satu kelompok akan mengisi kolom air tengah dan bawah akuarium Anda dengan sempurna.

Apakah ikan kaca agresif?

Ikan kaca sangat damai dan lebih mungkin untuk dimangsa oleh ikan lain daripada mengganggu ikan lain. Satu-satunya waktu mereka mungkin menjadi agresif adalah selama masa perkembangbiakan, meskipun kerusakan fisik tidak mungkin terjadi.

Apakah ikan kaca bisa memakan ikan guppy?

Tidak! Lihatlah ukuran ikan kaca dan kemudian lihatlah ukuran mulutnya. Tidak mungkin ikan guppy dewasa bisa dimakannya. Namun burayak guppy bisa menjadi santapan instannya.

Teman seakuarium ikan kaca

Ikan kaca dapat dipelihara dengan berbagai macam teman seakuarium, itu tergantung pada apakah Anda berencana untuk memelihara mereka di akuarium air tawar atau di payau. Di akuarium air tawar, teman seakuarium yang baik adalah ikan guppy, tetra, ikan pelangi, cory, dan loach. Dalam akuarium payau, teman seakuarium yang baik adalah molly dan mungkin ikan bumblebee gobies. Saat menyetup akuarium Anda, pastikan ikan lain tidak terlalu aktif dan berukuran sama.

Makanan Ikan Kaca

Ikan kaca sebagian besar karnivora dan harus disediakan berbagai macam makanan hidup, beku, dan beku-kering, seperti cacing darah, artemia, dan larva nyamuk. Beberapa penghobi melaporkan kesulitan mendorong glass fish mereka untuk memakan pakan serpihan, jadi perhatikan dulu apakah mereka mau memakannya sebelum melanjutkan memberi makan.

Budidaya ikan kaca

Pembiakan ikan kaca tidak umum dalam dunia perdagangan ikan hias dan bagi para pembudidaya memelihara burayaknya cukup sulit. Ciri ikan ini siap untuk berkembang biak ketika ikan jantan berubah warna menjadi lebih gelap. Pada titik ini, pisahkan jantan dan beberapa betina ke dalam akuarium berbeda khusus untuk pembiakan.

Pada malam hari, lakukan penggantian air besar-besaran dengan air hangat dengan suhu sekitar 28 °C. Betina harus bertelur keesokan paginya, betina biasanya menyimpan hingga 200 telur di tanaman akuarium. Akan lebih baik jika Anda menyingkirkan ikan dewasa pada saat ini untuk mencegah mereka memakan telurnya.

Kemungkinan telur akan mengembangkan jamur, jadi disarankan untuk mengobati air terlebih dahulu jika ada wabah. Telur akan menetas dalam waktu 24 jam dan berenang dalam 3-4 hari. Sebagian besar peternak kesulitan mendapatkan pakan untuk dimakan karena mereka tidak secara aktif mencari makanan sendiri dan cenderung menunggu diberikan makanan kepada mereka. Mungkin yang terbaik adalah memberi makan dalam jumlah besar atau mencoba target feeding.

Tunggu hingga burayak mencapai ukuran yang layak sehingga tidak akan dimakan oleh ikan lain sebelum memasukkan kembali ke akuarium Anda atau memberikannya kepada penghobi lain.

Kesimpulan

Parambassis ranga mungkin bukan ikan pertama yang terlintas dalam pikiran saat menyetup akuarium, tetapi mereka jelas merupakan pilihan menarik yang tidak akan Anda sesali. Berikan banyak tanaman, aliran air minimal, dan berbagai macam makanan, dan ikan Anda akan berkembang dengan baik. Dan jangan pernah membeli ikan yang telah diwarnai secara artifisial. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang perawatan ikan kaca atau memiliki pengalaman memelihara ikan ini, silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Kaca Kaca Alias Glass Fish"