Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Membudidaya dan Merawat Ikan Guppy

Guppy adalah ikan hias air tawar tropis yang populer dan salah satu yang paling banyak dijual di seluruh dunia. Ini membuatnya sangat cocok untuk akuarium dirumah, terutama jika Anda adalah seorang pemula. Faktanya, guppy adalah pilihan yang mudah dirawat dan bagus untuk anak-anak karena mereka memiliki warna yang indah, menjadikan akuarium anda lebih menarik untuk dilihat.

Ikan Guppy, cara budidaya Guppy, ternak Guppy, makanan Guppy, wallpaper ikan guppy

Namun merawat ikan guppy di rumah akan membutuhkan waktu dan perhatian khusus Anda. Ini berarti Anda harus punya komitmen jangka pendek dan jangka panjang, terutama ketika Anda ingin berinvestasi untuk membeli akuarium, peralatan, dan makanan untuk guppy Anda.

Anda juga perlu belajar dengan sabar tentang perawatan guppy, pengaturan akuarium mereka, dan fakta-fakta tentang jenis-jenis ikan yang ada di sekitar Anda karena beda jenis berbeda juga kebutuhan mereka.

Pada artikel ini, kami akan membahas profil ikan guppy. Kami menjelaskan banyak fakta menarik dan informasi umum, apa yang mereka butuhkan, dan cara merawatnya dengan benar.

Mari kita mulai dengan melihat sekilas pada fakta dan statistik terpenting tentang guppy; termasuk temperamen umum, ukuran, dan kebutuhan dasar mereka. Kami kemudian akan menjelaskan penampilan mereka, persyaratan perawatan guppy, kecocokan dengan ikan lain, dan proses pembiakan sehingga Anda akan memiliki gambaran yang lebih baik tentang apakah mereka ikan yang tepat untuk Anda.

Mengenal ikan Guppy

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan jenis ikan akuarium mana yang akan dipelihara adalah meluangkan waktu untuk meneliti fakta yang paling mendasar namun penting tentang spesies dan tingkat perawatan guppy yang diperlukan.

Kami mempermudah langkah pertama ini dengan membuat detail berikut, yang memberikan gambaran sederhana tentang fakta guppy:

Detail Karakteristik Guppy

  • Nama Umum : Guppy, fancy guppy, millions fish, rainbow fish
  • Nama Ilmiah : Poecilia reticulata
  • Keluarga : Poeciliidae
  • Asal : Asli Venezuela, Barbados, Trinidad, Brasil Utara, dan Guyana
  • Level Perawatan: Mudah
  • Temperamen: Damai
  • Ukuran Dewasa: Ukuran maksimum 5 cm
  • Bentuk Warna: Guppy dapat hadir dalam semua warna yang berbeda, termasuk oranye, biru, hijau, kuning, ungu, perunggu, merah, dan hitam
  • Umur: 2-4 tahun, jarang sampai 5 tahun atau lebih
  • Ukuran Akuarium Minimum: 18 liter untuk trio guppy, semakin banyak ikan semakin besar akuariumnya
  • Pengaturan Akuarium Khas: Tumbuhan hidup, bebatuan, dan substrat
  • Level Akuarium: Semua level, meskipun mungkin lebih suka level menengah dan atas
  • Pola Makan: Omnivora
  • Kondisi Air: Air Tawar, 17–27 °C, KH 10–30, pH 5.5–8.0
  • Teman seakuarium/Kecocokan: Tenang dan penurut sehingga guppy cocok dengan banyak ikan berukuran serupa lainnya. Beberapa contohnya adalah corydora, otocinclus, gurami kerdil, dan siput

Seperti yang Anda lihat, dari detail di atas kita bisa tau bagaimana guppy pada umumnya mudah perawatannya. Secara keseluruhan, mereka sangat mudah dirawat, hal itulah yang membuatnya populer di kalangan penghobi ikan hias pemula hingga menengah.

Diperkirakan ada 44 jenis guppy yang berbeda. Spesies ini berasal dari Venezuela, Barbados, Trinidad, Brasil Utara, dan Guyana. Mereka hadir dalam berbagai warna dan omnivora, memakan serpihan ikan dan makanan ikan beku. Jantan lebih kecil, tetapi berwarna lebih cerah dari betina. Mereka adalah ikan livebearer, dapat berkembang biak dengan mudah dan dalam jumlah besar.

Seperti apa Guppy?

Guppy mungkin salah satu ikan yang paling bervariasi dalam hal warna. Mereka ikan yang aktif, penuh karakter, dan memiliki beragam warna dan pola. Mereka dibekali Ekor dengan warna yang menawan dan juga memiliki bentuk yang berbeda.

Variasi yang luas tersebut disebabkan oleh kepemilikan genetik yang fleksibel. Biasanya, guppy akan mulai mengembangkan warna tubuh saat berusia antara satu sampai enam minggu. Beberapa pola pada tubuh dan ekornya kurang lebih mirip seperti cobra, kulit ular, macan tutul, rumput, mosaik, dan renda. Sirip mereka juga bisa hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, meliputi kipas, segitiga, sekop, pedang, bendera, dan bulat.

Dalam dunia akuarium dirumah, guppy biasanya memiliki berbagai warna yang lebih terang dan lebih berani karena teknik pembiakan selektif sehingga Guppy terus bermutasi dalam bentuk dan warna yang berbeda. Mereka juga kadang-kadang memiliki ciri tembus pandang, ini memungkinkan kita untuk melihat burayak melalui kulit ikan betina yang hamil. Namun di alam liar, betina biasanya berwarna abu-abu dengan garis-garis atau bintik-bintik berwarna-warni.

Cara membedakan ikan Guppy jantan dan betina

Perbedaan antar jenis kelamin juga sangat jelas terlihat. Pejantan umumnya lebih kecil dan lebih berwarna. Dalam hal ukuran, mereka rata-rata sekitar 1,5-3,5 cm, sedangkan betina lebih besar, sekitar 2-6 cm

Apakah Guppy tempramen?

Ikan Guppy, cara budidaya Guppy, ternak Guppy, makanan Guppy, wallpaper ikan guppy

Guppy umumnya tenang dan santai. Pemeliharaannya sangat mudah, menyebabkan mereka dijuluki spesies “J.A.W” (just add water atau cukup tambahkan air).

Mereka sangat ramah dan paling bahagia bila dipelihara dalam kawanan kecil. Namun jika Anda memutuskan untuk hanya memelihara pejantan untuk mencegah perkembangbiakan, mungkin Anda dapat melihat beberapa agresi di antara mereka dari waktu ke waktu.

Meskipun demikian, guppy umumnya tenang dengan temperamen yang damai. Mereka juga bisa beradaptasi dengan baik terhadap variabel  kualitas air dan ukuran akuarium, hal ini menjadikannya pilihan yang sangat kuat dan tahan lama. Guppy tidak menggigit tetapi bisa menggigit dengan lembut karena penasaran.

Guppy biasanya sangat aktif. Mereka suka melesat di dalam akuarium, berenang naik turun dan menyelidiki lingkungan mereka. Jika Anda menemukan guppy berbaring di dasar akuarium untuk waktu yang lama, mungkin saja dia tidak sehat.

Kondisi Habitat dan Akuarium yang Ideal

Untuk menciptakan habitat ideal untuk ikan guppy, Anda harus membayangkan perairan tawar tropis dan hangat di Amerika Selatan di mana mereka berasal. Ini adalah jenis tempat yang perlu Anda ciptakan di akuarium rumah Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki ikan yang bahagia!

Karena itu, di alam liar mereka cukup mudah untuk ditemukan di berbagai lingkungan air. Mereka biasanya ditemukan di perairan yang tenang, dengan vegetasi yang lebat dan tanaman hidup. Ini meliputi kanal, mata air hangat, kolam, dan sungai.

Guppy sangat kuat di alam liar sehingga mereka dapat bertahan disebagian besar habitat perairan dan berkembang.

Ukuran Akuarium yang Dibutuhkan

Ikan guppy membutuhkan ruang karena mereka suka melaju bolak-balik dan berenang dengan cepat. Akuarium 40 liter sangat ideal untuk kelompok yang beranggotakan enam ekor tanpa tankmate lainnya. Ini memberi mereka banyak ruang untuk aktif dan berenang tanpa keterbatasan.

Jenis dan Parameter Air

Anda perlu memastikan bahwa airnya tersilkulasi dengan benar dan heater juga digunakan untuk menjaga suhu pada kondisi optimal.

Suhu ideal adalah 17 hingga 27 derajat Celsius untuk meniru perairan tropis, sedangkan kisaran pH ideal adalah 6.8-8.5. Pergerakan air harus rendah.

Guppy bukanlah ikan air payau, tetapi penambahan sedikit garam dianggap lebih bagus. Hanya sedikit saja (1 hingga 1,25 sendok teh) garam ikan per 5 liter air akan membuat mereka termineralisasi secara tepat. Jika Anda perlu mengganti air yang telah menguap, maka jangan tambahkan garam lagi.

Cara untuk memastikan akuarium dihangatkan secara menyeluruh dan konsisten adalah dengan memasang heater di satu ujung, termometer di ujung lainnya, dan beberapa arus di dalam air untuk menjaga suhunya merata. Jika air menjadi dingin, Anda mungkin akan melihat guppy menjadi lebih lesu.

Substrat yang Harus Digunakan

Untuk akuarium di rumah, Anda mungkin ingin memasang show tank. Guppy mudah dan dapat hidup tanpa substrat atau dengan substrat, jadi ini semua tergantung pilihan anda. Namun lebih baik Anda meletakkan sesuatu diakuarium karena ini tidak hanya terlihat lebih bagus tetapi juga dapat mengurangi stres pada ikan.

Untuk menciptakan lingkungan yang ideal, Anda harus membuat substrat berkerikil, berpasir, atau halus agar mereka bisa masuk. Mereka suka bersembunyi dan substrat yang bervariasi dapat menciptakan lingkungan rumah yang menyenangkan bagi guppy.

Kebutuhan Filtrasi Akuarium

Filtrasi yang baik membantu menjaga kondisi air yang sesuai. Sistem filtrasi menghilangkan banyak kotoran dan makanan berlebih, yang menjaga akuarium tetap bersih. Filter bukanlah keharusan karena guppy tidak menghasilkan banyak kotoran. Namun jika Anda mau, Anda bisa menggunakan filter kecil dan sederhana untuk membantu menjaga air tetap terlihat bagus. Jenis filter apa pun bisa dipakai.

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan filter, pastikan untuk mengganti airnya secara teratur. Sekitar 25 persen penggantian air, idealnya dua hingga tiga kali sebulan, meskipun ini tergantung pada berapa banyak ikan yang ada di akuarium. Jika Anda memiliki lebih dari empat guppy, Anda mungkin harus mengganti air seminggu sekali.

Kebutuhan Pencahayaan Akuarium Guppy

Berkenaan dengan cahaya, guppy tidak terlalu ribet dan dengan senang hati akan mentolerir semua tingkat pencahayaan. Meskipun demikian, mungkin saja cahaya yang kuat dari atas dapat merusak warna mereka seiring waktu.

Jika Anda beternak, pastikan untuk memberikan sekitar 8 jam kegelapan di malam hari untuk memastikan mereka cukup beristirahat saat tidur. Pencahayaan di siang hari akan membantu mereka untuk tumbuh lebih cepat.

Tanaman dan Dekorasi

Guppy secara alami hidup di daerah perairan yang memiliki kerapatan vegetasi yang tinggi. Karena itu, mereka suka memiliki tanaman hidup di lingkungan mereka, seperti water sprite dan Java moss. Beberapa pakis apung juga akan disukainya.

Namun ingatlah bahwa guppy juga suka diberi ruang luas untuk aktif. Jadi berhati-hatilah agar Anda tidak terlalu memadati akuarium dengan banyak tanaman.

Berapa Banyak yang Harus Dipelihara?

Guppy adalah ikan yang suka bergaul, tetapi tidak suka jika situasi terlalu ramai. Karena itu, cobalah untuk memelihara tidak lebih dari tiga sampai lima ekor per 10 liter agar mereka tetap bahagia dan sehat. Rasio yang ideal adalah 7,5 liter per ekor ikan.

Makanan IkanGuppy

Via: answersingenesis

Pola makan adalah salah satu aspek terpenting dalam memelihara ikan, dan ikan guppy tidak berbeda. Untungnya cukup mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Pada bagian ini, kita melihat kebutuhan diet dan makanan dari spesies populer ini.

Apa yang Guppy Makan di Alam Liar?

Guppy adalah omnivora. Di alam liar mereka memakan alga dan larva berbagai serangga yang tersembunyi di antara tumbuh-tumbuhan. Mayoritas makanan mereka terdiri atas bahan nabati.

Apa yang Mereka Makan di Akuarium Rumah?

Karena mereka memakan makanan yang bervariasi, di akuarium rumah mereka akan menerima sebagian besar makanan ikan dan mereka dengan senang hati akan memakan serpihan ikan. Terkadang anda juga harus mencoba memberi mereka makanan hidup atau beku. Ini akan membantu memastikan kesehatan dan penampilan yang optimal.

Sebuah studi tentang guppy Trinidad menunjukkan bahwa variasi dalam makanan mempengaruhi hasil kesehatan dari kelompok uji yang berbeda. Jadi makanan apa yang Anda berikan akan berdampak pada pertumbuhan mereka. Faktanya, bayi artemia adalah favorit ikan guppy dan ini bisa menjadi camilan hariannya.

Makanan Manusia Apa Yang Bisa Mereka Makan?

Guppy bukanlah pemakan pilih-pilih, jadi jika Anda suka memberi mereka sisa makan malam Anda, mereka akan dengan senang hati memakan zucchini cincang, sayuran parut, atau kacang polong. Pastikan untuk membuang kulit kacang polong sebelum Anda melemparkannya ke dalam akuarium.

Seberapa Sering Anda Harus Memberi Mereka Makan?

Berkenaan dengan frekuensi, guppy perlu makan sekali atau dua kali sehari dalam jumlah kecil. Durasi sekitar 12 jam antar jam makan sudah bagus untuk mereka. Jangan memberi mereka makan terlalu banyak atau terlalu sering. Mereka memiliki perut kecil dan makan berlebih dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Perawatan Khusus Guppy

Guppy umumnya kuat dan berumur panjang. Sebagian besar dari mereka tidak membutuhkan lingkungan khusus untuk berkembang. Cukup bersihkan airnya, gantilah sesering mungkin, dan beri makan setiap hari.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggabungkan spesies ikan, Anda harus berhati-hati untuk menjauhkan ikan guppy dari spesies penggigit sirip dan ikan besar yang kemungkinan akan menyerang atau memakannya.

Burayak guppy juga harus dipelihara terpisah dari ikan dewasa (termasuk orang tuanya!) yang akan memakannya. Meskipun ini mungkin tampak kontra-intuisi, diperkirakan bahwa mereka melakukan ini untuk mencegah kepadatan di dalam habitat akuarium.

Kecocokan dengan Ikan Lain / Tank Matel

Karena guppy damai, mereka dapat hidup dengan banyak jenis ikan lainnya. Mereka menggunakan akuarium di setiap level air, meskipun lebih suka level menengah ke atas, dan cenderung hidup harmonis di akuarium komunitas. Ini menjadikannya pilihan populer untuk akuarium rumahan.

Terkadang, pejantan akan menyerang ikan lain yang mirip mereka untuk dipamerkan kepada betina. Beberapa teman akuarium yang baik untuk ikan guppy adalah ikan corydora, otocinclus, ikan gurami kerdil, dan siput.

Disarankan untuk tidak mencampurnya dengan ikan yang dikenal sebagai penggigit sirip seperti serpae tetra. Spesies predator besar seperti angelfish juga tidak boleh ditempatkan di akuarium yang sama.

Bisakah Anda Menyatukan Beberapa Guppy?

Mereka hidup dengan baik dalam kelompok, jadi Anda bisa membuat mereka hidup dalam kelompok campuran, kelompok khusus jantan saja, atau kelompok khusus betina saja.

Anda lebih baik untuk memperkenalkan beberapa guppy secara berpasangan sehingga tidak ada yang canggung. Mereka yang menggunakan akuarium khusus jantan terkadang berpasangan. Mereka kadang-kadang tampak menunjukkan perilaku agresif, tetapi biasanya tidak berbahaya.

Jika Anda menyetup akuarium campuran, maka dua guppy betina untuk setiap satu pejantan adalah rasio yang sudah teruji yang terbukti membuat Guppy lebih harmoni yang optimal. Anda mungkin memerlukan rencana cadangan untuk semua potensi pembiakan dalam hal ini. Mereka adalah ikan yang lembut dan damai, dan cocok dalam akuarium komunitas.

Saran Ketika Membeli Guppy

Guppy dapat dibeli dari berbagai toko ikan hias, baik lokal maupun online. Mereka biasanya murah dan harganya bervariasi. Ikan guppy yang tergolong premium dan langka harganya puluhan kali lipat dari guppy biasa.

Ketahuilah bahwa guppy yang diproduksi secara massal terkadang dapat menularkan penyakit dan berkualitas rendah. Mereka sangat rentan terhadap infeksi jamur, terutama pada ekornya yang rumit. Ini muncul sebagai bintik merah pada sirip ekor.

Jenis yang lebih glamor dan berwarna cerah juga sering dibiakkan. Ini dapat membuat mereka tunduk pada kondisi genetik yang mungkin tidak mudah terlihat saat pembelian. Ini bisa memengaruhi umur atau kemampuan berkembang biak mereka.

Saat membeli, carilah ikan yang bermata jernih dan bersisik halus, tanpa kekasaran, perubahan warna, atau kulit yang terkelupas. Mereka bisa bertahan saat dikirim dari peternak, tetapi lebih baik Anda membelinya langsung dari toko terdekat jika Anda bisa.

Kiat Pembiakan dan Membudidaya Guppy

Guppy sangat mudah berkembang biak. Mereka adalah ikan livebearer yang berarti mereka tidak bertelur tetapi melahirkan ikan hidup kecil (burayak). Ikan kecil ini kadang-kadang dapat dilihat melalui tubuh transparan dari betina hamil sebelum dia melahirkan.

Guppy betina dapat melahirkan sekitar 50 ekor sebulan. Dalam kasus yang jarang terjadi, jumlah ini bahkan dapat melebihi 100 ekor. Pembiakan tinggi ini adalah alasan mengapa ikan guppy juga dijuluki sebagai “million fish.”

Jika Anda memutuskan untuk menyatukan pejantan dan betina dalam satu akuarium, bersiaplah untuk memperbesar ukuran akuarium Anda! Ukuran akuarium minimum 50 liter diperlukan untuk kelompok campuran indukan guppy.

Meskipun mereka berkembang biak dengan mudah dengan sedikit intervensi, Anda harus memiliki jaring atau area tertutup untuk burayak ketika mereka lahir. Ini karena ikan lain (termasuk ikan guppy) akan memakannya jika tidak dilindungi.

Meski pembiakan selektif dapat menyenangkan dan menghibur, karena warna dan pola baru dapat muncul pada bayi ikan, ketahuilah bahwa terlalu banyak kawin sedarah dapat menyebabkan kondisi genetik yang kurang baik. Ini akan membuat kualitas ikan yang baru Anda hasilkan menjadi lebih rendah.

Fakta Menarik dan Trivia

Berikut adalah beberapa fakta dan trivia yang menarik tentang guppy untuk memperluas wawasan Anda tentang ikan guppy.

  • Mereka memiliki ekor yang menonjol yang bisa berbentuk kerudung, renda, kecapi, atau bendera.
  • Bayi/burayak kadang-kadang dapat dilihat melalui kulit betina hamil yang tembus cahaya. Jika Anda perhatikan dengan teliti, Anda mungkin akan melihat matanya terlebih dahulu!
  • Ada beberapa nama lain untuk mereka: rainbow fish, karena banyak warna, dan million fish saat mereka bereproduksi dengan kecepatan tinggi.
  • Mereka polyandrous, artinya betina memiliki lebih dari satu pasangan.
  • Betina dapat menghasilkan burayak di sepanjang tahun karena mereka memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma untuk digunakan nanti.
  • Guppy telah digunakan untuk memerangi malaria. Pada tahun 2014, gerakan anti-malaria di India Selatan menggunakannya untuk membantu mengendalikan penyebaran penyakit. Ini karena guppy memakan larva nyamuk.
  • Mereka dinamai sesuai nama Robert John Lechmere Guppy. Dia menemukan guppy di Trinidad pada tahun 1866.
  • Hari ini Anda dapat menemukan ratusan jenis guppy. Hal ini disebabkan oleh praktik pemuliaan di mana peternak terus berusaha untuk menghasilkan lebih banyak variasi ekor, warna, dan pola yang lebih indah pada ikan cantik ini.

Ringkasan

Guppy adalah ikan air tawar tropis asli Amerika Selatan. Sejak itu mereka telah diperkenalkan ke banyak negara di seluruh dunia. Guppy adalah ikan yang ramah dan mudah perawatannya. Ini membuatnya menjadi ikan yang ideal untuk pemula.

Ukuran akuarium tidak harus terlalu besar, di mana akuarium 40 liter sudah cukup untuk menampung kawanan guppy hingga 6 ekor. Substrat yang digunakan dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda karena guppy sangat kuat. Namun campuran kerikil dan pasir, dengan tanaman hidup yang tersebar di sekitar adalah yang terbaik.

Filter bukan keharusan karena guppy tidak terlalu kotor, tetapi airnya harus diganti secara berkala jika Anda memilih untuk tidak menggunakannya. Aerator alias gelembung udara juga tidak wajib. Ikan guppy damai dan tidak mungkin menyerang ikan lain. Ikan penggigit sirip lainnya atau spesies predator besar tidak boleh ditempatkan di akuarium yang sama karena guppy kemungkinan akan menjadi sasaran.

Post a Comment for "Begini Cara Membudidaya dan Merawat Ikan Guppy"