Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Ikan Zebra Danio Agar Sehat

Ikan zebra danio adalah spesies ikan air tawar yang lincah dan menghibur. Ikan ini tidak mahal, mudah dicari, dan bagus untuk semua penghobi akuarium pemula. Mencapai ukuran maksimum 5 cm, ikan yang kuat ini menghadirkan warna baru pada akuarium kecil. 

Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui semua hal tentang perawatan zebra danio dan memeliharanya di akuarium Anda sendiri.

Nama

Danio rerio umumnya dikenal sebagai zebra danio atau ikan zebra. Namun nama ilmiah mereka sedang dipertimbangkan kembali pada tingkat molekuler dan dapat segera bergabung dengan genus Brachydanio, yang artinya klasifikasi zebra Danil akan diatur ulang sebagai Brachydanio rerio.

Habitat Alami Zebra Danio

Di alam liar, zebra danio ditemukan di banyak perairan tawar di Asia Selatan. Lebih khusus lagi, wilayah jelajahnya mencakup Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan, dengan konsentrasi tinggi habitatnya di lembah Sungai Gangga dan Brahmaputra. Asal muasalnya telah ditelusuri kembali ke lembah Sungai Kosi, yang dapat ditemukan di sekitar bagian bawah Sungai Gangga.

Namun beberapa populasi zebra danio telah mulai muncul di timur jauh seperti California, Connecticut, Florida, dan New Mexico karena kebocoran dari fasilitas pembiakan dan pemilik hewan peliharaan melepaskan mereka langsung ke alam liar. Mereka lebih menyukai daerah dengan beberapa tanaman terendam serta vegetasi di atas permukaan. Substrat yang mereka suka biasanya yang lunak, berpasir atau berlumpur – tetapi memiliki kerikil kecil atau kerikil yang bercampur.

Secara teknis merupakan ikan air dingin (lebih menyukai kisaran suhu 20-22 °C), zebra danio tumbuh nyaman di sungai, kolam, atau sungai apa pun yang memiliki arus yang stagnan hingga sedang. Zebra danio yang telah dibiakkan untuk akuarium tropis telah banyak berkembang biak dan menjadi kurang toleran terhadap suhu yang lebih dingin.

Meskipun zebra danio dapat bertahan selama lebih dari 5 tahun di lingkungan akuarium, mereka sebagian besar muncul secara tahunan di alam liar. Di akuarium air tawar, zebra danio merupakan ikan penasaran yang suka berlomba-lomba dan menjelajahi gua, celah, serta seluk beluk rumpun tanaman akuarium. Mereka bergerombol sebagai spesies tunggal serta dengan kelompok ikan serupa lainnya di akuarium. Mereka adalah ikan yang hebat dan tangguh untuk dimiliki jika Anda suka melihat ikan yang aktif dan menarik.

Mereka adalah spesies ikan yang sangat suka bersosialisasi, jadi yang terbaik adalah membuat sekumpulan setidaknya 6 ekor; mereka cenderung mengadopsi perilaku yang lebih agresif jika dipelihara dalam kelompok yang lebih kecil.

Apa itu Zebra Danio?

Zebra danio adalah spesies ikan air tawar yang kecil, mencapai ukuran maksimum sekitar 2 inci (5 cm) dalam akuarium. Mereka mudah dikenali dengan 5 garis biru horizontal di sepanjang sisi tubuh perak / abu-abu khas mereka. Jika Anda melihat dengan cermat ke dekat mulutnya, Anda akan dapat melihat dua kumis kecil.

Perbedaan ikan zebra danio jantan dan betina

Zebra danio jantan berbentuk torpedo dan memiliki garis-garis emas yang berbeda di antara garis-garis birunya. Betina dari spesies yang sama tidak memiliki emas. Sebaliknya, mereka memiliki tubuh yang lebih gemuk, perut putih, dan garis-garis perak.

Satu varian umum, Danio frankei (juga dikenal sebagai leopard danio), biasanya dianggap sebagai varian Danio rerio dan sebenarnya bukan spesies aslinya. Saat membeli zebra, Anda akan sering menemukan satu atau dua leopard danio bercampur, atau setengah di antaranya. Terlepas dari itu, keduanya adalah ikan bergerombol tropis yang mudah dan cocok satu sama lain.

Varietas lain termasuk varietas albino yang lebih langka, serta varian veiltail bersirip panjang dengan ekornya yang panjang dan indah mengalir. Namun sirip ini rentan terhadap gigitan, jadi pastikan teman seakuarium Anda cocok dengan ikan baru Anda! Yang paling populer adalah varietas paten yang dimodifikasi secara genetik yang dikenal sebagai Glofish™; gen mereka telah diubah menjadi bersinar terang di bawah cahaya hitam dan muncul dalam banyak warna cerah.

Kebutuhan zebra danio

Zebra danio sangat kuat dan tangguh, yang dikombinasikan dengan harga murah meriah di toko ikan hias, menjadikannya ikan air tawar pemula yang sangat baik. Mereka menyukai akuarium yang diberi tanaman dengan baik tetapi juga membutuhkan area renang terbuka yang luas.

Mereka hidup di kolom air tengah dan atas, jadi penting untuk memberi banyak ruang bagi mereka untuk meluncur tepat di bawah permukaan. Meskipun Anda biasanya tidak akan melihat zebra danio di dasar akuarium, substrat berpasir atau lumpur akan membuat habitat mini mereka terlihat lebih alami!

Ikan ini suka air yang bergerak dan tidak terlalu menuntut dalam hal kualitas air, meskipun akuarium harus selalu disiklus dengan parameter stabil dan filter yang baik. Perilaku energik mereka lebih baik jika Anda menenangkan mereka dengan pencahayaan yang tersebar. Pastikan untuk menutup akuarium dengan baik, karena mereka bisa menjadi pelompat!

Zebra danio yang sehat dan kuat secara genetik akan hidup rata-rata 2 hingga 3 tahun, dan hingga 5 tahun dengan perawatan yang luar biasa.

Berapa banyak zebra danio yang bisa disatukan?

Minimal, zebra danio harus dipelihara dalam akuarium setidaknya 10 galon (37 liter). Mereka adalah ikan kawanan dan perlu dipelihara dalam kelompok setidaknya beranggotakan 6 ekor untuk memenuhi persyaratan sosial. Dianjurkan untuk memelihara satu ikan untuk setiap 2 galon air tergantung ukurannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan kecil ini suka berenang, jadi pastikan Anda memiliki banyak ruang untuk diberikan kepada mereka di dalam akuarium!

Teman seakuarium zebra danio

Jika Anda memiliki ikan yang bergerak lambat atau jinak, zebra danio yang bergerak cepat dan kuat dapat membuat mereka stres. Hindari mencampurkan temperamen ini dengan ikan guppy fantail, ikan cupang, dan ikan yang bergerak lebih lambat serupa yang mungkin mudah digigit.

Zebra danio, jika dibeli dari peternak, adalah ikan air dingin dan lebih suka air bergerak. Ikan ini sangat cocok berpasangan dengan ikan kecil minnow yang juga merupakan spesies yang sangat kuat yang menyukai air yang lebih dingin dan mengalir lebih cepat. Jika membeli ikan dari toko ikan terdekat, Anda dapat mengisi akuarium dengan danio, tetra, lele cory, dan ikan loach lain yang lebih kecil. Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam menambahkan siput ke akuarium Anda, tetapi udang dapat menjadi bagian dari makanan ikan zebra Anda!

Selama Anda memelihara zebra danio dengan sekumpulan komunitas ikan lain yang tidak memiliki sirip yang mudah digigit, akuarium Anda akan dipenuhi dengan kegembiraan dan gerakan!

Makanan zebra danio

Di alam liar, zebra danio adalah omnivora. Ini berarti mereka pada dasarnya akan memakan apapun yang mengapung di dekat mereka di dalam air, dan dengan nafsu makan yang besar! Anda harus menawarkan ikan Anda berbagai makanan kering dan hidup. Jika Anda tidak memiliki akses ke makanan hidup, toko ikan di sekitar Anda mungkin menawarkan makanan beku alternatif. Makanan beku ini harus dilepas di cangkir terpisah di luar akuarium utama Anda. Makanan ikan berkualitas tinggi terdiri atas:

  • Sayuran: zucchini, mentimun, kacang polong, bayam
  • Makanan hidup: artemia, cacing darah, jentik-jentik nyamuk
  • Serpihan atau pelet ikan

Penting untuk diingat bahwa zebra danio Anda akan dengan cepat memakan makanan apa pun yang Anda taruh di permukaan akuarium. Ini berarti bahwa ikan di bawahnya hampir tidak akan menerima makanan sama sekali. Pastikan ikan lain di akuarium Anda mendapatkan perawatan yang juga mereka butuhkan!

Budidaya ikan zebra danio

Satu fakta yang tidak banyak diketahui tentang spesies ini adalah bahwa zebra danio adalah ikan setia dan hanya kawin sekali seumur hidup – bahkan jika pasangannya mati, mereka tidak mencari yang lain. Jika Anda merasa Anda memiliki pasangan indukan, cobalah untuk mempelajari mana yang cocok, sehingga mereka dapat dipasangkan satu sama lain jika Anda memutuskan untuk mengisolasi mereka di akuarium lain untuk tujuan pembiakan.

Mulailah dengan menyiapkan akuarium pembiakan 20-30 galon dengan tanaman berdaun halus dengan tanpa dasaran atau dasaran batu/kelereng besar. Ingatlah untuk selalu memasang penutup jaring di atas akuarium ikan Anda! Akuarium pembiakan juga membutuhkan penempatan penutup jaring tepat di atas substrat; Seperti yang akan Anda lihat, ini akan memungkinkan telur untuk jatuh tetapi mencegah indukan memakannya. Anda juga dapat menangani jamur terlebih dahulu yang mungkin masuk ke sistem akuarium Anda dengan fungisida. Pastikan untuk membaca instruksinya dengan seksama karena baik perlakuan rendah maupun perlakuan berlebihan dapat membuat Anda kehilangan telur.

Naikkan suhu air hingga 25 °C lalu tempatkan jantan dan betina di akuarium. Saat siap, betina akan bertelur 200-800 butir telur, biarkan telur-telur itu jatuh melalui dasar jaring saat jantan membuahi mereka. Setelah pembiakan dan pemijahan selesai, segera pisahkan induk karena mereka biasa memakan burayak (ikan yang baru menetas).

Burayak akan menetas dalam 2-3 hari dan dapat diberi makan hingga tujuh kali sehari dengan infusoria atau makanan burayak komersial. Jika Anda memiliki akses ke makanan hidup, seperti Daphnia atau artemia yang baru menetas, opsi ini ideal untuk makanan yang tepat. Ikan akan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk tumbuh dan harus dipindahkan ke akuarium yang lebih besar karena mereka bisa tumbuh lebih besar dari lingkungannya saat ini.

Tips Membeli Zebra Danio

Zebra danio mudah ditemukan di toko ikan hias mana pun, kecil maupun besar. Juga sudah bisa ditemukan secara online dan dapat dengan cepat dan aman mengirimi Anda zebra atau ikan lain melalui kurir. Pengiriman aman dan ikan Anda kemungkinan besar tidak akan mati di perjalanan. Tapi Anda harus membayar ongkos kirim untuk mendapatkan kualitas ikan yang lebih baik. Anda bisa mencarinya di marketplace atau e-commerce langganan Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang perawatan atau perilaku ikan zebra danio, kami akan dengan senang hati membantu Anda! Tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini dan kami pasti akan sering check-in untuk membagikan saran kami dan membantu Anda menikmati hobi ini sepenuhnya. Selamat memelihara ikan zebra danio ya, semoga sukses!

Post a Comment for "Cara Memelihara Ikan Zebra Danio Agar Sehat"