Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memelihara Ikan Cantik German Blue Ram

Memelihara Ikan Blue Ram Membutuhkan semburat warna untuk akuarium Anda? Beberapa jenis ikan akan mencerahkan akuarium Anda seperti German Blue Ram. Spesies cichlid kerdil ini disukai oleh aquarist karena warnanya yang oranye cerah dan biru elektriknya serta temperamennya yang relatif damai. Meskipun German Blue Ram bukanlah ikan termudah untuk dipelihara di akuarium karena kerapuhannya, mereka merupakan pilihan yang fantastis bagi pemelihara ikan yang lebih berpengalaman.



Habitat Alami

German Blue Ram berasal dari dataran padang rumput tropis Venezuela dan Kolombia, di sebelah timur pegunungan Andes. Di sini, mereka lebih menyukai kisaran suhu 25,5-29 ° C dengan kondisi air yang lebih asam (pH 5,2-6,7). Badan air ini sering kali dipenuhi dengan tanaman dan tumbuhan lain di mana seekor ram kecil memiliki banyak tempat persembunyian. Ini juga umum untuk menemukan ikan ini di daerah dengan aliran rendah, dengan sedikit nutrisi terlarut, dan di air kotor dari tanin alami.


Mengenal Ikan Blue Ram

German Blue Ram adalah ikan tropis menakjubkan yang dijamin akan menjadi daya tarik di akuarium rumah mana pun. Ikan ini memiliki tubuh kuning cerah, wajah oranye-emas, garis-garis hitam tebal, dan bercak-bercak, dengan kilau biru cerah. German Blue Ram yang ditangkap secara liar memiliki warna yang lebih intens dan garis yang lebih terlihat di tubuh mereka daripada yang dibiakkan di dalam akuarium. Terlepas dari itu, hampir dapat dipastikan bahwa meskipun Anda bukan pencinta ikan, Anda akan langsung jatuh cinta ketika melihat makhluk cantik ini!


Ada beberapa cara untuk membedakan blue ram cichlid jantan dan betina Anda. Ram cenderung hanya mencapai ukuran maksimum 4 inci (10 cm), dengan betina bahkan lebih kecil dari itu. Jantan juga biasanya memanjangkan paruh pertama sirip punggungnya, namun karena perkembangbiakan yang tidak tepat, betina juga dapat menunjukkan perilaku ini sehingga metode ini bukan yang terbaik. Cara paling pasti untuk membedakan ram Anda adalah dengan melihat titik hitam tepat di bawah sirip punggung. Betina akan memiliki kilau biru pada titik mereka sedangkan jantan tidak.


Meskipun opsi terakhir adalah cara terbaik untuk menentukan pasangan pengembangbiakan cichlid ram Anda, metode lain dalam menggunakan warna dan variasi sangat bergantung pada kondisi akuarium tempat mereka ditempatkan, ukuran, dan tingkat kematangan. Jadi pastikan untuk benar-benar mencari kilau biru di bawah sirip! Variasi blue ram German lainnya juga adalah emas, biru elektrik, dan balon, di samping warna lainnya.


Kebutuhan Ikan Blue Ram

Karena German Blue Ram adalah cichlid kerdil, mereka tidak memerlukan ukuran akuarium yang besar untuk memastikan perawatan yang tepat; akuarium berukuran 15 galon (57 liter) direkomendasikan untuk pasangan jantan dan betina selama akuariumnya panjang; jika membeli akuarium yang tinggi, pilih akuarium yang lebih besar karena biasanya akuarium tersebut menyediakan ruang berenang bebas yang kurang berharga. Lebih penting lagi, bersiaplah untuk sering mengganti air!


German Blue Ram secara alami hidup di air yang mengalir lambat dengan banyak tumbuhan. Airnya bisa bermacam-macam warnanya dari yang sangat bernoda tanin hingga cukup jernih, tetapi akan selalu lembut dan asam, jadi inilah yang harus Anda tiru di akuarium Anda sendiri. Selain itu, suhu harus dijaga pada sekitar 29 °C agar ikan Anda paling bahagia.


Di akuarium, ada baiknya juga untuk meniru lingkungan alami ini dan menjaga kualitas air sebaik mungkin karena German Blue Ram relatif lemah karena perkawinan sedarah. Oleh karena itu, umumnya mereka mengalami masalah jika parameter air kurang dari ideal; jadi tetap pntau perubahan air Anda untuk membantu meningkatkan dan menstabilkan kualitas air. Jangan pernah memasukkan ikan ini ke dalam akuarium yang tidak disiklus atau yang tidak sesuai dengan lingkungan alaminya.


Dari segi dekorasi, German Blue Ram Anda tidak akan terlalu peduli dengan apa yang Anda gunakan selama ada cukup cakupan. Akuarium berorientasi biotop dengan banyak kayu apung, tanaman, dan serasah daun akan menjadi pilihan yang bagus. Daunnya membantu menjaga ikan yang rapuh ini tetap sehat dengan melepaskan tanin antibakteri / antijamur sekaligus membantu mereka merasa lebih aman melalui penggelapan air.


Makanan

German Blue Ram adalah omnivora dan menikmati berbagai macam makanan. Mereka biasanya akan memakan apa saja mulai dari wafer hingga makanan hidup, seperti cacing darah.  Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memberi makanan olahan untuk Ram baru Anda, ada baiknya Anda menyediakan makanan beku dan hidup juga. Bukan hal yang aneh jika ikan ini menolak makanan olahan selama beberapa minggu pertama setelah dimasukkan ke akuarium baru.


Karena German Blue Ram adalah jenis pemakan yang lambat dan pemalu, sangat disarankan untuk bersabar dan menunggu untuk memberi mereka makan secara terpisah. Jika tidak, mereka tidak akan mendapatkan cukup makanan jika ditempatkan di akuarium komunitas.


Namun salah satu hal terbaik tentang ikan kecil ini adalah karena mereka berasal dari lingkungan yang penuh tanaman, mereka cenderung tidak akan mengunyah tanaman yang sudah ada di dalam akuarium. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir mereka akan merusak tanaman aquascape kesayangan Anda saat mereka lapar!


Pastikan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menambahkan tanaman baru dan / atau ikan ram baru ke akuarium Anda untuk memeriksa kecocokannya. Semoga Anda suka ya dengan ikan yang cantik berwarna-warni ini!

Post a Comment for "Tips Memelihara Ikan Cantik German Blue Ram"