Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Ikan Hias Zebra Danio Jantan dan Betina

 

Cara Membedakan Ikan Hias Zebra Danio Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Zebra Danio Jantan dan Betina - Ikan zebra danio merupakan ikan kecil yang lincah dan amat aktif, karena memang pada habitatnya ia hidup dialiran air yang cukup deras. Ikan asal india Myanmar dan srilangka ini memiliki keunikan tersendiri jika anda memelliharanya didalam akuarium, bentuknya yang kecil memanjang membuat danio aktif begerak dan cukup lincah.

 

Ukuran zebra danio hanya sekitar 5 cm untuk yang sudah dewasa, sehingga jika dicampur dalam satu akuarium dengan ikan yang lain saya rasa sangat dapat menarik perhatian anda, namun jangan sekali-kali mencampur ikan ini dengan predator karena dapat menjadikan makanan untuck sang pemangsa.

 

Ikan ini sangat bersahabat, meskipun ia sangat sgresif, mereka tidak masuk dalam kategori ikan pemangsa,karena bentuknya yang kecil bisa dibilang mereka adalah ikan yang damai, terhadap teman seakuariumnya, ikan zebra juga terkenl karena mudah dikembangbiakan, dan untuk hal yang and harus tau saat ingin mengembang biakan ikan ini anda harus tau cara membedakan ikan zebra danio jantan dan betina, berikut cara paling efektif untuk membedakannya :

Cara Membedakan Ikan Hias Zebra Danio Jantan dan Betina

Bentuk Tubuh

Ikan kecil ini menjadi sulit dibedakan karena ukruannya, namun ada beberapa ciri yang bisa kamu ketahui khususnya dari Bentuk tubuhnya :

Jantan

Bentuk tubuh si jantan cenderung lebih ramping dengan sirip yang lebih panjang, dengan bentuk tubuh dmikian memungkinkan zebra danio jantan akan sangat lincah dan dengan sigap dapat melindungi betina dan anak-anaknya

Betina

Ikan Zebra danio betina pada hakikatnya lebih memiliki bentuk yang agak besar dan gemuk, bahkan Antara betina dan jantan dapat perbedaan yang cukup mencolok dari bentuk tubuhnya, singkatnya anda bisa melihat si jantan lebih kecil disbanding betina, Jika kamu ingin mulai membudidayakan mereka silahkan kunjungi juga Cara memelihara ikan zebra danio agar sehat.

 

Ukuran perut Zebra danio

Ikan zebra jantan memiliki perut yang ramping, sedangkan untuk betina mereka memilki perut yang lebih besar dan fleksibel, hal ini disebabkan oleh perut betina yang harus siap menampung banyak telur diperutnya hasil dari perkawinannya dengan si jantan, ukuran perut ini juga sangat mudah untuk dikenali oleh pemula.

 

Warna Ikan Zebra Danio

Untuk mengetahui perbedaan zebra danio jantan dan betina yang terakhir anda bisa membedakannya dari warna yang terlihat, si jantan memilki warna yang cerah dan cenderung kuning, sedangkan si betina memilki warna yang agak kusam. Hal ini membuat zebra danio jantan memilki warna yang lebih menarik dibanding betina, karena memang warnanya yang lebih cerah dibanding dengan betina.

 

Gerakan Ikan Zebra danio

Meskipun zebra danio jantan dan betina memiliki habitat asli yang sama, namun untuk gerakan betina cenderung lebih lamban disbanding jantan, hal itu dikarenakan betina memiliki tubuh yang agak besar disbanding jantan.

Dari semua pembahasan diatas saya rasa anda sudah dapat dengan cepat membedakan mana jantan dan mana betina, dengan begitu anda tidak akan salah ketika memilih indukan untuk mulai beternak zebra danio.

Dengan membudidaya ikan ini anda akan cepat dapat menjualnya karena masa bertelur, menetas dan besarnya yang cukup singkat, ditambah dengan banyaknya burayak yang dikeluarkan indukan pada saat melahirkan, dengan jumlah yang banyak tersebut ikan ini menjadi komoditas paling banyak dijual selain guppy, molly, cupang dan lainnya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang ikan-ikan lain silahkan bca artikel kami yang lainnya, kami akan selalu mengupdate tentang ikan hias. Kunjungi selalu duniaikanhias.my.id

Post a Comment for "Cara Membedakan Ikan Hias Zebra Danio Jantan dan Betina"