Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ikan Mas Koki Teleskop

Cara Merawat Ikan Mas Koki Teleskop - Jika Anda suka sirip spektakuler dan berbagai warna yang ditawarkan oleh ikan mas koki fantail, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan ikan mas koki teleskop ke koleksi Anda. Dalam panduan ini, kami memberikan semua informasi yang Anda perlukan agar berhasil memelihara dan membiakkan ikan air tawar yang cantik ini di akuarium rumah. Namun pertama-tama mari kita cari tahu lebih lanjut tentang asal usul spesies ikan air dingin yang tidak biasa dan menarik ini.



Asal usul ikan mas koki teleskop

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan mas koki modern adalah keturunan dari ikan mas liar, yang berasal dari beberapa bagian Asia dan Siberia. Ikan liar ini menghuni perairan yang tergenang dan bergerak lambat, terutama kolam, parit, danau, dan sungai kecil, tempat mereka memakan material nabati, serangga, krustasea kecil, dan detritus.


Pada 1500-an, ikan mas koki diperdagangkan oleh Cina ke Jepang, muncul di Eropa pada 1600-an dan di Amerika pada 1800-an. Sebagian besar varietas ikan mas koki yang sangat beragam dan berwarna-warni yang dinikmati oleh penghobi saat ini dikembangkan oleh peternak Asia, khususnya di Cina. Ikan mas koki teleskop adalah salah satu dari lebih dari 125 varietas fantail yang dibudidayakan.


Apa itu ikan mas koki teleskop?

Ikan mas koki teleskop, dengan nama ilmiah Carassius auratus, diperkirakan berasal dari Cina, tempat mereka pertama kali dikembangkan pada awal 1700-an. Varietas fantail yang tidak biasa ini dulunya disebut ikan mas koki Mata Naga atau Ikan Naga. Namun di tahun-tahun berikutnya, orang Jepang menamainya ikan Demekin, dan itulah nama ikan teleskop hingga saat ini.


Ikan mas koki teleskop merupakan salah satu jenis ikan mas koki hias yang memiliki tubuh bulat atau berbentuk telur. Tubuh ikan ini pendek dengan kepala lebar dan sirip ekor (caudal) terbelah yang panjangnya sedang atau, dalam beberapa kasus, panjang dan mengalir seperti pada ekor tudung, ekor kupu-kupu, dan ekor lebar.


Ikan mas koki teleskop dikenal dengan matanya yang besar dan menonjol yang terletak di ujung tangkai berbentuk kerucut panjang, yang berada di sisi kepala ikan. Dalam beberapa kasus, tangkai itu bisa memanjang hingga 3/4 inci. Pada ikan remaja di bawah usia enam bulan, ukuran mata tampak normal dan efek teleskop baru mulai sepenuhnya muncul pada saat ikan dewasa.


Warna Mas Koki Teleskop

Salah satu alasan mengapa ikan mas koki teleskop begitu populer adalah karena warnanya yang indah, meliputi:

  • Merah
  • Biru
  • Cokelat
  • Putih
  • Triwarna
  • Dwiwarna
  • Belacu/calico
  • Merah dan putih
  • Hitam dan putih (dikenal sebagai ikan mas koki teleskop panda)

Ada juga warna coklat yang langka dan banyak dicari dengan pom-pom oranye. Ikan yang menakjubkan ini dapat ditemukan dalam jenis sisik metalik dan nacreous, meskipun mereka jarang terlihat dalam jenis sisik matte.

Black Moor

Black Moor juga dikenal sebagai demekin hitam di Jepang dan kadang-kadang disebut ikan mas koki teleskop hitam. Black Moor memiliki penampilan yang mirip dengan ikan mas koki teleskop, tetapi mata mereka tidak terlalu menonjol dan sisik mereka sebagian besar berwarna hitam pudar. Moor dianggap lebih mudah dipelihara daripada ikan mas koki teleskop karena lebih kuat, tidak terlalu rentan terhadap masalah mata, dan dapat hidup pada suhu yang lebih rendah.


Perawatan ikan mas koki teleskop

Ikan mas koki bermata besar tidak hidup di lingkungan liar, hanya ditangkarkan secara eksklusif dan biasanya dipelihara di akuarium. Jadi Anda dapat menciptakan lingkungan apa pun yang menurut Anda menyenangkan selama kondisi airnya sesuai.

Kondisi air

Ikan mas koki adalah ikan yang terkenal kotor dan Anda memerlukan sistem filtrasi yang efisien untuk mengatasi jumlah limbah yang mereka hasilkan. Selain itu, Anda harus mengganti 30% air setiap minggu untuk menjaga air tetap bersih dan segar. Semua jenis ikan mas koki fancy lebih menyukai habitat air yang tenang. Jika arus terlalu kuat, ikan akan kesulitan berenang dan mungkin menjadi stres.

Ikan mas koki adalah ikan air dingin, jadi Anda tidak perlu mmasang heater di akuarium Anda. Jika Anda memelihara ikan mas koki di kolam luar ruangan, jangan khawatirkan mereka di musim dingin saat suhu turun. Ikan mas koki cukup kuat dan hanya akan bersembunyi di kedalaman kolam di antara akar tanaman dan puing-puing, bertahan bahkan saat ada es di permukaan kolam.

Suhu air yang ideal untuk ikan mas koki yang dipelihara di akuarium adalah antara 18 dan 22 derajat Celsius. Tingkat pH harus dalam kisaran 6,0 hingga 8,0, dan kesadahan air berkisar 5 hingga 19 dGH. Meskipun biasanya ditemukan di air tawar, ikan mas koki juga dapat mentolerir lingkungan yang agak payau, asalkan salinitas dijaga di bawah 10%.


Ukuran akuarium

Ikan mas koki mata teleskop biasanya tumbuh hingga berukuran 12 cm, meskipun mereka bisa menjadi jauh lebih besar dari itu. Jika kondisinya ideal, ikan mas koki teleskop dapat mencapai ukuran 20 cm yang mengesankan. Ikan mas koki hias tumbuh dengan stabil selama beberapa tahun pertama kehidupan mereka, jadi sebaiknya mulailah dengan akuarium besar, daripada menggunakan akuarium kecil yang dengan cepat akan menjadi terlalu kecil untuk ikan.


Akuarium 10 galon (37 L) adalah ukuran minimum absolut yang harus Anda gunakan untuk memelihara ikan mas koki fantail. Idealnya, Anda perlu memulai dengan akuarium berukuran 20 hingga 30 galon (75-113 L), meningkatkan volumenya hingga 10 galon untuk setiap ikan tambahan. Namun Anda harus memastikan bahwa Anda meningkatkan akuarium sesuai dengan pertumbuhan ikan.


Menyangkut ukuran dan bentuk akuarium, akuarium yang panjang adalah pilihan terbaik. Semua jenis ikan mas koki fantail bukanlah perenang yang sangat lincah dan akuarium yang sangat dalam dan tinggi membuat ikan ini mungkin kesulitan untuk naik ke permukaan untuk makan. Selain itu, area permukaan air yang luas juga memperkecil kemungkinan ikan mengalami kekurangan oksigen. Akuarium panjang memiliki luas permukaan lebih banyak daripada akuarium tinggi atau bowl yang lebih sempit ke arah atas.


Berapa banyak Varian ikan mas koki?

Semua variasi ikan mas koki fancy, termasuk ikan mas koki mata teleskop, ikan mas koki fantail, dan ikan mas koki black moor, semuanya membutuhkan banyak ruang. Ikan yang Anda beli dari toko ikan terdekat adalah ikan remaja. Anda harus menyediakan satu inci ikan per galon air di akuarium untuk spesimen muda ini.


Namun saat ikan mas koki tumbuh dan dewasa, mereka menggunakan lebih banyak oksigen, dan kurangnya ruang akan menyebabkan pertumbuhan terhambat dan gagal tumbuh. Stres yang disebabkannya dapat mempengaruhi ikan untuk terserang penyakit, bahkan menyebabkan kematian dalam beberapa kasus. Jadi menyediakan tempat berenang sebanyak mungkin akan mmastikan ikan Anda tumbuh dengan baik dan tetap sehat.


Dekorasi dan tanaman akuarium

Anda bisa memasukkan banyak tanaman di akuarium Anda. Tanaman hidup tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga dikenal dapat mengoksidasi air dan mengekstrak nitrat berbahaya. Namun dalam akuarium ikan mas koki, sebaiknya hindari penggunaan tanaman yang mengapung di permukaan air karena akan mencegah ikan untuk makan.


Teleskop dan jenis fantail serta ikan mas koki fancy lainnya membutuhkan banyak ruang untuk berenang bebas di akuarium. Ikan ini adalah perenang yang buruk yang akan kesulitan untuk mengatasi terlalu banyak halangan dan tanaman yang padat. Tanaman harus ditempatkan di bagian belakang akuarium dan pertumbuhan berlebih harus dipangkas kembali untuk mencegah ikan terperangkap di antara dedaunan.


Carassius auratus adalah penggali hebat, jadi Anda perlu menggunakan pemberat tanaman untuk melabuhkan semua tanaman hidup yang Anda masukkan ke dalam aquascape Anda. Jika Anda lebih suka menggunakan tanaman buatan, pilih tanaman sutra daripada plastik. Tanaman plastik bisa jadi tajam, berpotensi melukai ikan Anda.


Saat memilih dekorasi akuarium, hindari memasukkan apa pun yang memiliki tepi tajam atau permukaan kasar yang dapat menyebabkan cedera pada mata ikan yang menonjol atau ujung sirip.


Substrat kerikil menciptakan lingkungan yang tampak alami untuk akuarium utama Anda dan ikan akan senang mengobrak-abrik kerikil untuk mencari sisa makanan. Namun karena ini adalah ikan yang sangat kotor, Anda harus menjaga kerikilnya relatif dangkal dan pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh dengan penyedot debu akuarium untuk menghilangkan kotoran ikan berlebih.


Meskipun Anda tidak perlu menerangi akuarium, pencahayaan membantu menonjolkan warna ikan koleksi Anda, membuat varian calico, oranye, dan panda benar-benar menonjol.


Makanan Mas Koki Teleskop

Ikan mas koki mata teleskop, seperti semua varietas ikan mas koki, bersifat omnivora. Itu berarti mereka juga makan campuran bahan nabati dan makanan berdaging. Jika Anda memiliki alga di dalam akuarium, Anda mungkin menemukan bahwa ikan mas koki merumput pada beberapa spesies. Tanaman tertentu juga enak dan akan dimakan oleh ikan ini.


Anda dapat mencapai keseimbangan makanan yang baik dengan memberi makan ikan Anda makanan serpihan atau pelet ikan mas koki berkualitas tinggi, serta satu porsi makanan beku atau segar per hari. Saat memilih makanan kering, pastikan bahwa makanan tersebut diformulasikan khusus untuk ikan mas koki hias.


Varietas ikan mas koki hias bertubuh bulat rentan mengalami masalah kandung kemih yang disebabkan oleh sembelit, yang sering kali disebabkan oleh pemberian makanan kering yang tidak sesuai. Namun memasukkan makanan segar atau beku ke dalam makanan membantu menjaga sistem pencernaan ikan mas koki tetap bergerak, mengimbangi efek makanan kering.


Makanan kering beku juga bagus untuk diberikan pada ikan mas koki yang mewah. Namun Anda harus selalu merendam makanan dalam sedikit air akuarium untuk menghidrasi kembali makanan sebelum diberikan. Makanan hewani untuk ditawarkan pada ikan mas koki fancyAnda meliputi:

  • Cacing darah
  • Artemia
  • Daphnia
  • Cacing tubifex

Meskipun ikan mas koki mata teleskop suka makanan hidup, berhati-hatilah untuk mendapatkan pasokan Anda dari toko yang memiliki reputasi baik. Terkadang, makanan hidup dapat mengandung parasit atau bakteri yang dapat membahayakan ikan Anda, dan sebagai gantinya, lebih baik menggunakan produk yang dibekukan atau dikeringkan.


Anda bisa memberi makan ikan mas koki Anda dua kali atau bahkan tiga kali sehari. Pastikan ikan Anda makan setidaknya lima menit. Mata mereka yang menonjol berarti ikan mas koki mata teleskop memiliki penglihatan yang buruk dan tidak selalu melihat langsung makanannya, sehingga mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk makan daripada ikan yang lebih cepat dengan penglihatan yang lebih baik.


Teman seakuarium Mas Koki Teleskop

Semua spesies ikan mas koki adalah ikan damai dan suka berteman, lebih suka hidup dalam komunitas sejenisnya.


Penglihatan yang buruk dari spesies ini dapat berarti bahwa ikan mas koki bermata besar terkadang tidak dapat bersaing untuk mendapatkan makanan dengan rekan akuarium mereka yang lebih cepat, akibatnya gagal berkembang. Selain itu, ikan mas koki mata teleskop akan kesulitan untuk bersaing mendapatkan makanan dengan teman seakuarium yang lebih cepat dan gesit. Oleh karena itu, Carassius auratus paling baik dipelihara dengan jenis yang serupa, seperti black moor, lionhead goldfish, goldfish selestial, dan goldfish bubble eye.


Fantail terkenal sebagai perenang lamban dan canggung, sebagian besar berkat siripnya yang mengalir. Oleh karena itu, sebaiknya mereka ditampung bersama fantail lain atau spesies damai yang tidak akan mengejar atau mengganggu ikan mas koki mata besar. Spesies yang sudah pasti penggigit sirip juga harus dihindari.


Jika Anda berencana menggunakan udang untuk mengendalikan alga di akuarium Anda, pastikan untuk membeli spesies invertebrata besar yang tidak akan menjadi makanan bagi ikan mas koki. Siput merupakan teman seakuarium yang baik, meskipun mereka mungkin memakan beberapa spesies tanaman hidup.


Penyakit dan umur

Ikan mas koki mata teleskop dapat hidup rata-rata selama sepuluh hingga 15 tahun. Namun di akuarium rumah dan kolam taman yang terawat dengan baik, umur 20 tahun atau lebih tidak jarang.


Meskipun ikan mas koki dengan mata besar umumnya kuat, matanya dapat menyebabkan masalah, seperti penglihatan yang buruk dan kerentanan terhadap infeksi dan cedera. Namun penyebab penyakit yang paling umum pada ikan mas koki hias adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh kondisi air yang buruk.


Jika hanya satu ikan yang terpengaruh, yang terbaik adalah memindahkannya ke akuarium karantina untuk pengobatan dan kembalikan ikan yang sudah sehat ke akuarium utama setelah ikan bebas penyakit selama setidaknya lima hari. Sebagai catatan tambahan, selalu berhati-hatilah saat menjaring ikan mas koki mata teleskop karena ini sangat mudah menyebabkan cedera pada mata ikan yang menonjol jika tersangkut di jaring. Untuk menghindari masalah tersebut, pilihlah serok dengan mata jaring yang sangat halus.


Penyakit dan parasit ikan mas koki bakterial umum yang tercantum di bawah ini yang dapat memengaruhi teleskop mata ikan mas koki biasanya mudah diobati dengan produk antibakteri eksklusif yang dapat Anda temukan di toko online atau di sebagian besar toko ikan.

Penyakit bakteri

Dropsy

Dropsy adalah infeksi bakteri yang menyerang ginjal ikan. Akibatnya, cairan menumpuk di dalam tubuh ikan, menyebabkan ikan menjadi kembung dan sisiknya mencuat, sehingga tampak seperti biji pinus. Dropsy biasanya berakibat fatal jika tidak segera ditangani.


Busuk sirip

Kondisi air yang buruk dan kerusakan fisik yang disebabkan oleh ikan penggigit sirip di akuarium komunitas adalah penyebab paling umum dari busuk sirip. Kondisi ini muncul seperti kedengarannya, di mana ekor dan sirip ikan yang terkena tampak compang-camping dan robek.


Jamur

Jamur ikan tampak seperti pertumbuhan putih mengembang pada kulit ikan dan sering menyertai penyakit ikan mas koki lainnya.


Parasit

Parasit dapat masuk ke akuarium melalui tumbuhan, makanan hidup, dan ikan baru.


Cacing jangkar

Cacing jangkar muncul seperti benang yang keluar dari kulit ikan. Cacing tersebut bersembunyi di dalam kulit ikan, bertelur, lalu mati, meninggalkan lubang yang dapat terinfeksi.


Ich (penyakit white spot)

Ich adalah penyakit ikan yang sangat umum yang biasanya disebabkan oleh kondisi air yang buruk dan / atau stres. Ikan ditutupi dengan bintik-bintik putih kecil yang mempengaruhi tubuh, sirip, ekor, dan insang. Ikan mas koki mengibaskan tubuhnya ke substrat dan dekorasi akuarium untuk membasmi parasit. Ich dapat diobati dengan menggunakan obat eksklusif yang Anda tambahkan ke air akuarium.


Kutu ikan (Argulus)

Kutu ikan adalah krustasea pipih kecil yang menempel pada tubuh ikan. Sekali lagi, merawat seluruh akuarium dengan produk yang dijual bebas yang tersedia di toko ikan terdekat akan membunuh kutu.


Cacing kulit

Cacing kulit adalah cacing pipih kecil yang menempel pada insang atau tubuh ikan mas koki dengan kait di sekitar mulutnya. Jika ikan Anda memiliki cacing kulit, Anda akan melihat nodul merah atau hitam di bawah kulit. Cacing bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.


Penyakit ikan mas koki lainnya

Cloudy eye

Cloudy eye atau mata keruh umumnya menyerang ikan mas koki mata teleskop dan biasanya disebabkan oleh kualitas air yang buruk, nutrisi yang tidak memadai, atau penanganan yang kasar.


Sembelit

Sembelit adalah kondisi umum pada semua variasi ikan mas koki bertubuh bulat dan berasal dari pemberian makan yang buruk. Ikan yang mengalami konstipasi menunjukkan tubuh yang bengkak dan nafsu makan yang buruk. Biasanya, membuat ikan kelaparan selama 24 jam, dan kemudian menawarkan makanan hidup atau beku dapat menyembuhkan masalah.


Penyakit gelembung renang

Masalah gelembung renang adalah kondisi kesehatan umum lainnya yang mempengaruhi ikan mas koki teleskop. Ikan yang terkena dampak menunjukkan pola renang yang tidak normal, terkadang mengambang ke permukaan, terperangkap di substrat, atau berenang di satu sisi. Penyebab penyakit gelembung renang mencakup sembelit, pola makan yang buruk, infeksi parasit, atau kelainan bentuk fisik. Kondisi ini dapat diobati dengan obat khusus yang bisa Anda temukan di toko hias atau online.


Bisul

Bisul pada kulit ikan disebabkan oleh luka yang berkembang menjadi infeksi jamur atau bakteri. Setelah akar penyebab ulkus diobati, kulit akan sembuh.


Mengembangbiakkan Carassius auratus

Ikan mas koki Black Moor dan teleskop siap bertelur di dalam akuarium atau pengaturan kolam, asalkan kondisi airnya benar.


Diferensiasi gender

Membedakan jenis kelamin ikan mas koki hampir tidak mungkin dilakukan saat mereka masih remaja, meskipun jantan umumnya lebih ramping dan lebih kecil dari betina. Namun demikian, perbedaan jenis kelamin ikan dewasa lebih mudah selama musim kawin. Ikan mas koki jantan mengembangkan struktur seperti duri putih di kepala dan penutup insang, dan jika dilihat dari atas, ikan mas koki betina tampak lebih gemuk karena penuh dengan telur.


Kondisi berkembang biak

Ikan mas koki mata teleskop adalah ikan petelur. Di lingkungan liar, ikan mas koki bertelur saat air menghangat. Jadi untuk mendorong pemijahan di akuarium, Anda perlu meniru kondisi alaminya.


Akuarium minimal harus 20 galon (75 L) dan ikan harus sehat, berkembang biak, dan bebas dari penyakit. Banyak peternak memisahkan ikan jantan dan betina satu atau dua minggu untuk membantu meningkatkan minat mereka dalam pemijahan. Akuarium pemijahan harus banyak ditanam dan harus memiliki permukaan yang kokoh juga sehingga telur dapat diletakkan. Jika mau, Anda bisa menggunakan tanaman sutra buatan atau kain pemijahan berserat.


Pemijahan dapat diinduksi dengan secara bertahap mengurangi suhu akuarium menjadi sekitar 15 derajat Celsius dan kemudian perlahan-lahan menghangatkannya setiap hari hingga ikan mulai kawin, biasanya saat suhu mencapai 20 hingga 23 derajat Celsius. Lakukan penggantian air parsial sekitar 20% per hari. Juga, beri makan ikan berbagai makanan berkualitas kaya protein seperti cacing dan artemia untuk mendorong pemijahan.


Proses pemijahan

Ikan mas koki mata teleskop dapat terus bertelur selama beberapa hari, selama waktu itu ikan jantan akan mengejar betina di sekitar akuarium, mendorongnya ke tanaman dan berputar dari sisi ke sisi. Akhirnya, betina bertelur, yang kemudian dibuahi oleh jantan. Telur menempel pada permukaan halus atau daun tanaman. Proses pemijahan bisa berlangsung selama beberapa jam, selama itu betina bisa bertelur hingga 10.000 telur.


Sayangnya, ikan mas koki cenderung memakan telurnya. Jadi yang terbaik adalah mengeluarkan ikan indukan setelah pemijahan. Telur yang dibuahi biasanya menetas setelah empat hingga tujuh hari, tergantung pada suhu air. Burayak akan berenang bebas segera setelah menetas dan harus diberi makan makanan khusus burayak sampai mereka tumbuh cukup besar untuk memakan pakan serpihan atau artemia. Sebagai alternatif, tawarkan burayak makanan yang sama seperti ikan dewasa tetapi hancurkan makanannya sehingga cukup kecil untuk dimakan anak-anak.


Ikan mas koki teleskop remaja umumnya berwarna hitam atau coklat tua sehingga dapat disamarkan. Namun setelah beberapa bulan, ikan akan menjadi dewasa dengan warna oranye, putih, merah, dan lainnya. Setelah burayak tumbuh sekitar 2,5 cm panjangnya, mereka dapat bergabung dengan akuarium ikan dewasa.


Ketersediaan

Ikan mas koki mata teleskop tersedia di sebagian besar toko ikan hias. Namun Anda mungkin perlu berkeliling untuk menemukan warna dan bentuk yang lebih tidak biasa, seperti kupu-kupu, contoh ikan peliharaan populer ini.


Pencarian online mungkin akan memunculkan peternak di tempat tertentu yang menghasilkan contoh ikan mas koki mata teleskop berkualitas tinggi, termasuk teleskop panda, kupu-kupu calico, oranye solid, merah, dan hampir semua warna lainnya. Jika Anda tidak ingin menunggu ikan tumbuh besar, Anda dapat memesan ikan berukuran besar, meskipun harganya akan lebih mahal.


Demikian Hal-hak yang harus kamu tau tentang mas koki teleskop ini, kamu juga bisa membaca banyak tentang ikan lain di duniaikanhias.my.id


Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Mas Koki Teleskop"