Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tiger Barb dan Cara membudi Daya Ikan Hias Sejuta Umat

Tiger Barb alias ikan Sumatra adalah ikan tropis air tawar yang sangat populer dan tersedia untuk dibeli di sebagian besar toko ikan hias. Ikan ini mudah dirawat, menjadikannya favorit bagi pemula dan pemelihara ikan berpengalaman. Sayangnya, Tiger Barb memiliki reputasi yang buruk karena bersikap agresif terhadap rekan seakuarium lainnya. Tetapi apakah itu benar atau apakah ikan yang cantik dan aktif ini hanya disalahpahami? Kita simak lebih jauh yuk!

Ikan Tiger Barb
Via Aquadiction


Search Keyword : ikan tiger barb, cara mengawinkan ikan sumatra, jenis ikan sumatra, habitat ikan sumatra, cara memelihara ikan tiger fish, cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina, cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina, cara budidaya ikan tiger barb, jenis wadah dan teknik budidaya ikan sumatra, cara mengawinkan ikan sumatra, cara membedakan ikan sumatra hijau jantan dan betina, jenis ikan sumatra, habitat ikan sumatra, cara memelihara ikan tiger fish

Tentang Tiger Barb

Tiger Barb dikenal dengan nama ilmiah Puntius tetrazona, dan spesies ini pertama kali diperkenalkan oleh Bleeker pada tahun 1855. Tiger Barb juga dikenal dengan nama Partbelt barb dan Sumatra barb.

Spesies ini ditemukan di seluruh Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan dilaporkan di Kamboja dan Thailand. Populasi liar Puntius tetrazona telah menemukan jalan mereka ke Australia, Amerika Serikat, Kolombia, dan Singapura. Barb mudah berkembang biak di penangkaran untuk industri ikan hias, sehingga spesimen hasil tangkapan liar ikan ini tidak terlihat di toko ikan.

Puntius tetrazona saat ini tidak dianggap terancam punah dan oleh karena itu tidak terdaftar dalam Daftar Merah IUCN. Di habitat liarnya, Tiger Barb hidup di anak sungai dan sungai hutan yang tenang, di mana airnya sangat jernih dan mengandung oksigen yang baik. Di sini, substratnya berpasir dan berbatu serta dihuni dengan vegetasi yang lebat. Spesies ini omnivora, memakan atom, serangga, detritus umum, invertebrata kecil, dan alga.

Penampilan Tiger Barb atau Ikan Sumatra

Tiger Barb memiliki tubuh bulat dan dengan kepala runcing dan punggung tinggi. Ini adalah ikan kecil yang tumbuh dengan panjang sekitar 7 cm di alam liar dan sedikit lebih kecil di akuarium.

Ikan ini berwarna cerah dengan latar belakang merah kekuningan dan empat garis hitam vertikal yang sangat mencolok. Sirip ekor, perut, dan punggungnya berwarna merah. Selama pemijahan, Tiger Barb jantan mengembangkan moncong merah cerah.

Ada beberapa morph warna dan varietas Tiger Barb yang tersedia. Tiger Barb Sirip Panjang memiliki sirip yang lebih panjang, menjadi ikan tambahan yang tidak biasa ke akuarium komunitas Anda. Anda juga dapat menemukan Tiger Barb albino dan hijau. Albino tidak selalu memiliki penutup insang dan mereka kurang populer dibandingkan varietas lainnya. Ada juga beberapa variasi cantik dalam warna merah, platinum, dan emas, ikan ini tidak mudah didapat dan akibatnya harganya lebih mahal jika Anda bisa menemukannya.

Anda dapat memelihara barb Anda hingga tujuh tahun jika Anda merawatnya dengan benar.

Perawatan Tiger Barb

Tiger Barb mudah dipelihara dan merupakan pilihan yang baik untuk semua penghobi, apa pun pengalamannya.

Ukuran dan dekorasi akuarium

Tiger Barb adalah perenang cepat yang membutuhkan banyak ruang perairan terbuka. Sekelompok Tiger Barb membutuhkan akuarium setidaknya 7 galon (56 L) lebih disukai lebih. Ikan ini berenang di semua area akuarium, jadi akuarium yang panjang atau tinggi akan baik-baik saja. Barb adalah pelompat terkenal, jadi Anda harus memilih akuarium dengan tutup atau setidaknya penutup geser.

Mereka juga menyukai akuarium yang ditanami dengan baik, tetapi pastikan untuk meletakkan vegetasi di sekitar tepi akuarium sehingga ada banyak ruang bagi ikan untuk berenang. Sertakan kayu rawa dan substrat berpasir untuk meniru habitat alami ikan.

Parameter air

Air bersih sangat penting dalam akuarium barb. Akuarium ikan adalah sistem tertutup , dan semua membutuhkan perawatan rutin berapa pun ukurannya. Barb adalah ikan air tawar dan mereka tidak tahan terhadap kondisi payau.

Jika Anda tidak menjaga akuarium tetap bersih, bahan organik yang membusuk, kotoran ikan, dan makanan yang tidak dimakan akan mencemari air, menyebabkan penumpukan fosfat, amonia, dan nitrat, dan kesadahan air akan meningkat karena penguapan. Anda harus menjalankan sistem filtrasi biologis yang efisien di dalam akuarium dan melakukan penggantian air 25% setiap dua minggu sekali atau lebih sering jika akuarium penuh.

Perhatikan bahwa pergerakan air sedang hingga baik diperlukan agar barb jantan menampilkan warna terbaiknya. Pencahayaan akuarium harus sedang hingga normal. Suhu air untuk lingkungan sehari-hari harus antara 20 sampai 26 °Celsius. PH air harus berada dalam kisaran 6,5 hingga 7,5, dengan kisaran kesadahan 2 hingga 30 dGH

Teman seakuarium / Tank Mate

Tiger Barb memiliki reputasi agresif. Ini belum tentu terjadi, meskipun ikan ini cenderung menjadi penggigit sirip, dan oleh karena itu mereka tidak boleh dipelihara dengan spesies yang memiliki sirip ekor. Selain itu, barb adalah perenang cepat yang dapat mengintimidasi ikan yang bergerak lambat.

Tiger adalah ikan kawanan dan mereka harus dipelihara dalam kelompok yang terdiri atas setidaknya tujuh spesimen. Ikan ini akan dengan cepat membentuk pecking order di dalam kawanan dan mereka akan terlalu asyik mengejar satu sama lain, sehingga mereka tidak akan mengganggu anggota komunitas lainnya.

Perhatikan bahwa satu Tiger Barb yang dipelihara sendirian akan menjadi sangat agresif terhadap rekan seakuarium lainnya, mungkin karena ikan kawanan seperti barb menemukan keamanan dalam jumlah, dan karena itu, satu ikan yang menyendiri akan merasa rentan.

Meskipun spesies yang damai seperti lele Corydoras dan beberapa gurami cocok untuk teman seakuarium barb, seperti halnya Platy,  Danio, dan Loach, akuarium barb spesies tunggal juga dapat terlihat sangat efektif. Jika Anda ingin menambahkan beberapa pemakan alga ke dalam pengaturan Anda, siput dan udang air akan aman.

Makanan dan nutrisi

Karena Tiger Barb adalah omnivora, mereka akan memakan hampir semua jenis makanan segar, beku, dan serpihan. Jika Anda memberi makan ikan Anda dengan makanan yang seimbang setiap hari, ikan akan berkembang biak dan menunjukkan warna terbaiknya juga. Anda harus menawarkan ikan makanan serpihan berkualitas tinggi setiap hari, serta bloodworm beku atau hidup atau artemia sebagai camilan.

Beri makan ikan beberapa kali setiap hari, berikan makanan yang cukup di setiap pemberian makan sehingga ikan akan memakannya dalam beberapa menit. Jika Anda memilih untuk memberi makan ikan Anda hanya sekali sehari, beri mereka waktu lima menit atau lebih untuk menyelesaikan apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Pembiakan Tiger Barb

Meskipun Tiger Barb akan segera cocok di lingkungan komunitas jika disediakan kondisi akuarium yang tepat, menyiapkan akuarium pembiakan terpisah adalah ide yang lebih baik. Akuarium pembiakan terpisah memungkinkan Anda untuk mengeluarkan ikan dewasa setelah pemijahan dilakukan untuk mengurangi risiko induknya memakan telur dan burayak.

Akuarium pembiakan

Akuarium 20 galon (75 L) akan baik-baik saja digunakan sebagai akuarium pemijahan. Kondisi air di akuarium pembiakan harus antara 23 sampai 26 °Celsius dengan pH yang sedikit asam hingga 6,5, dan kesadahan sedang hingga 10 ° dGH.

Siapkan akuarium dengan filter spons, banyak tanaman berdaun halus, dan heater. Sebaiknya gunakan kelereng atau kisi pemijahan sebagai substrat, karena ini mudah dibersihkan dengan vakum kerikil dan juga akan membantu melindungi telur.

Jika ikan lambat untuk mulai bertelur, cobalah mengganti 25% air setiap hari dan teteskan air segar ke dalam akuarium di pagi hari untuk meniru hujan musim semi yang bertepatan dengan pemijahan di komunitas barb liar.

Membedakan Ikan Sumatra Jantan Dan Betina

Meski kedua jenis kelamin tampak serupa, ikan betina umumnya lebih berat, terutama saat musim pemijahan. Jantan lebih kecil dan berwarna lebih cerah. Saat kawin, ikan jantan mengembangkan moncong yang sangat merah.

Pemijahan ikan Sumatra

Barb menjadi dewasa secara seksual pada usia antara enam dan tujuh minggu setelah mereka mencapai panjang sekitar 3/4 inci hingga satu inci. Pilih pasangan indukan dari kawanan Anda yang menunjukkan marking terbaik dan warna yang kuat.

Anda dapat membuat ikan berkembang biak dengan memberi mereka makanan berkualitas tinggi, termasuk artemia. Masukkan ikan betina ke akuarium pemijahan terlebih dahulu dan kemudian tambahkan ikan jantan beberapa hari kemudian saat betina penuh dengan telur.

Ritual kawin biasanya dimulai pada sore hari di mana ikan-ikan berenang mengelilingi satu sama lain. Pejantan melakukan headstand (berdiri di atas kepala) dan menyebarkan siripnya untuk menggairahkan betina. Keesokan paginya, jantan akan mulai mengejar dan menggigit betina. Dia kemudian akan mulai melepaskan telurnya, satu hingga tiga telur sekaligus.

Barb adalah penyebar telur yang mendistribusikan telurnya secara acak, alih-alih memilih lokasi perkembangbiakan tertentu. Telurnya lengket dan jatuh ke substrat di dasar akuarium, di mana mereka menempel pada kerikil atau pasir. Dalam satu pemijahan, hingga 300 telur akan dilepaskan, meskipun betina yang lebih besar dan lebih dewasa dapat membawa 700 telur atau lebih.

Budidaya burayak ikan Sumatra

Setelah ikan bertelur, segera keluarkan induknya sebelum mereka sempat memakan telurnya. Telur biasanya menetas setelah sekitar 48 jam dan burayak akan berenang bebas sekitar lima hari setelah mereka kehabisan nutrisi yang terkandung di dalam kantung telurnya.

Anda kemudian perlu memberi makan burayak. Infusoria atau makanan burayak cair adalah yang terbaik, bersama dengan bayi artemia yang baru menetas, dan Anda harus memberi makan barb muda setidaknya tiga kali setiap hari.

Awasi bayi barb dengan cermat saat mereka makan dan cepatlah membuang makanan yang tidak dimakan yang dapat mengotori air. Perhatikan bahwa burayak membutuhkan air bersih untuk bertahan hidup. Jika Anda membiarkan lingkungan akuarium menjadi kotor dan tercemar, burayak akan cepat mati. Setelah burayak berumur beberapa minggu dan cukup besar untuk tidak dimakan, mereka dapat dipindahkan ke akuarium pajangan utama Anda.

Penyakit

Tiger Barb adalah ikan yang sangat kuat yang umumnya tidak mudah terserang penyakit ikan biasa, asalkan ukuran akuariumnya sesuai dan kondisi airnya tetap bersih.

Karena itu, paling aman menempatkan spesimen baru ke dalam akuarium karantina setidaknya selama dua minggu sebelum memasukkannya ke akuarium komunitas Anda yang ada. Selain itu, Anda harus mencuci dekorasi, tanaman, dan substrat baru sebelum menambahkannya ke akuarium Anda.

Namun cara terbaik untuk menjaga koleksi Anda tetap sehat dan bebas penyakit adalah dengan menjaga kualitas air yang baik dan memberi makan ikan barb Anda dengan makanan yang bervariasi dan berkualitas tinggi. Itu akan membuat hewan bebas dari stres dan stres adalah penyebab utama penyakit yang menyerang di dalam akuarium.

Ketersediaan

Hampir semua bentuk Tiger Barb sangat populer dan mereka mudah dikembangbiakkan di penangkaran. Untuk alasan itulah spesies ini tersedia di semua toko aquarist yang bagus dengan harga masing-masing hanya beberapa ribu rupiah. Sering kali, jika Anda membeli sekelompok kecil ikan barb, Anda bisa mendapatkan diskon harga.

Anda mungkin menemukan beberapa jenis Tiger Barb yang tidak biasa, termasuk sirip panjang, yang dijual online melalui penyalur spesialis, meskipun biasanya lebih mahal daripada barb biasa.

Tanya Jawab

Berikut beberapa pertanyaan seputar spesies ini yang paling sering ditanyakan oleh para pemelihara ikan pemula.

T: Apakah Tiger Barb agresif?

J: Ketika dipelihara dalam kelompok kecil yang terdiri atas tujuh atau delapan ekor, barb relatif damai setelah pecking order telah ditetapkan di dalam kawanan. Seekor ikan barb yang dipelihara sendirian akan bersikap agresif terhadap teman seakuariumnya, terutama karena dia takut diserang oleh spesies yang lebih besar di lingkungannya.

Tiger Babr adalah ikan aktif yang bisa gesit dengan spesies bersirip panjang yang bergerak lambat seperti cupang.


T: Berapa banyak Tiger Barb yang harus dipelihara bersama?

J: Selama akuarium Anda cukup besar untuk menampungnya, Anda dapat menyimpan hingga 15 elpr barb atau lebih. Anda membutuhkan akuarium 55 galon (208 L) untuk itu.


T: Apa yang dimakan Tiger Barb?

J: Tiger Barb omnivora. Jadi Anda harus memberi mereka makanan berupa serpihan ikan tropis, pelet, makanan beku, hidup, dan makanan kering beku. Anda juga bisa menambahkan jantung sapi cincang dan sayuran hijau, seperti zucchini, ke dalam makanan untuk memberi ikan variasi.


T: Ikan apa yang bisa dicampur dengan Tiger Barb?

J: Perenang yang bergerak cepat dan aktif akan bercampur dengan baik dengan barb, termasuk danio, tetra, loach, dan sejenisnya. Hindari mencampurkan tiger dengan ikan yang bergerak lambat dan bersirip panjang karena mereka dapat menjadi penggigit sirip.

Penutup

Tiger Barb adalah ikan yang menarik dan aktif yang menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium tropis mana pun. Ikan air tawar ini dapat dipelihara dalam komunitas dengan teman akuarium yang sesuai, meskipun akuarium barb spesies tunggal juga terlihat sangat efektif.

Ikan barb mudah dirawat, asalkan kualitas airnya terjaga dan akuariumnya memiliki banyak ruang untuk banyak berenang. Ikan-ikan ini bergerak dengan kecepatan tinggi, jadi Anda perlu menyediakan akuarium besar untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Post a Comment for "Mengenal Tiger Barb dan Cara membudi Daya Ikan Hias Sejuta Umat"